Kapolda Metro: Kemacetan Saat Libur Natal di Luar Perkiraan

Jakarta, Sayangi.com – Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi Tito Karnavian menyebutkan kemacetan lalu lintas saat masa libur Natal dan Tahun Baru pada sejumlah ruas jalan tol di wilayah Jakarta terjadi di luar perkiraan.

“Meskipun kita sudah antisipasi ternyata luar biasa padatnya,” kata Irjen Polisi Tito Karnavian di Jakarta, Jumat.

Tito menyatakan kemacetan lalu lintas juga disebabkan waktu liburan yang cukup panjang sehingga masyarakat pun memanfaatkannya untuk pulang ke kampung halaman.

Diungkapkan Tito, kemacetan lalu lintas terjadi dari Jakarta menuju arah timur atau daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Ia menuturkan kemacetan terpadat terjadi di Tol Cikampek namun berdampak ke wilayah Bekasi dan ruas tol di wilayah Jakarta.

Mantan Kapolda Papua itu memperkirakan masyarakat akan kembali ke Jakarta pada Minggu (27/12) atau pada pekan depan usai merayakan pergantian Tahun Baru 2016.

Tito mengungkapkan pihak terkait akan memobilisasi dan berkoordinasi guna mengantisipasi arus balik agar tidak terjadi kemacetan lalu lintas seperti arus mudik.

Rapat dengan melibatkan ajaran Polda, Polres Bogor dan Polres Karawang, Korlantas Polri, PT Jasa Marga dan pengelola tempat istirahat tol akan digelar pada Minggu (27/12).

Tito menganalisa keberadaan “rest area” tol turut menghambat arus kendaraan sehingga terjadi kemacetan, termasuk perlambatan saat pembayaran di pintu tol, dan kendaraan yang berhenti di bahu jalan.

“Nanti akan digelar Posko PAM di sana,” ungkap Tito.

Tito juga akan meminta Organda untuk mengatur operasional truk dan bus guna mengurangi kemacetan, kemudian kanalisasi di JORR, dan larangan melintasi Tol Dalam Kota pada Sabtu dan Minggu. (Ant)