MU Kalah 0-2 dari Stoke City, Posisi Van Gaal Terancam

Foto: BPI

Jakarta, Sayangi.com – Manchester United (MU) menambah rangkaian hasil buruk dengan tujuh laga tanpa kemenangan setelah dihajar Stoke City 0-2 laga Liga Utama Inggris pekan ke-18 atau Boxing Day di Stadion Britania, Stoke, Sabtu.  Kekalahan ini juga menjadi lonceng kematian untuk nasib pelatih Louis Van Gaal yang sebelum laga ini sudah terancam untuk dipecat.

Laga ini juga menjadi kekalahan keempat beruntun yang didapatkan MU sejak tahun 1961. Sebelumnya MU ditekuk Wolfsburg 2-3 di Liga Champions serta dipermalukan Bournemouth dan Norwich 1-2 di liga domestik beberapa pekan lalu yang membuat Van Gaal terancam didepak dari kursi kepelatihan.

Hasil buruk ini juga membuat posisi Setan Merah melorot ke peringkat enam klasemen sementara dengan 29 poin, atau kalah selisih gol dengan peringkat lima Crystal Palace dan posisi empat Tottenham yang juga memiliki 29 poin namun baru akan bertanding malam ini.

Manchester United tertingal 0-1 akibat kekeliruan Memphis Depay saat mengembalikan bola dengan sundulan kepada De Gea. Bola itu berhasil direbut sayap Stoke, Johnson, yang langsung memberikan bola kepada Bojan yang berdiri bebas untuk membobol gawang De Gea pada menit 18.

Gol kedua Stoke kembali tercipta akibat kecerobohan pemain MU, Ashley Young, yang menghalau umpan silang Mirko Arnautovic menggunakan tangan yang berbuah tendangan bebas dari jarak 25 meter.

Tendangan bebas Bojan Krkic berhasil disambut sepakan Mirko Arnautovic untuk membawa Stoke unggul 2-0 pada menit 26.

Pada awal babak kedua, Van Gaal menurunkan Wayne Rooney untuk menggantikan Memphis Depay sementara Stoke memutuskan bertahan dengan memainkan Marco van Ginkel menggantikan gelandang Glenn Whelan.

Penyerang Stoke Bojan mendapatkan kartu kuning akibat menjatuhkan bek MU Daley Blind pada menit 49.

United membuang peluang emas ketika umpan tajam Rooney ke kotak penalti Stoke langsung dihajar Fellaini. Namun bola berhasil ditepis Butland pada menit 64.

Namun Stoke yang menunggu serangan balik berhasil menusuk dari sisi kanan melalui aksi Johnson kemudian melayangkan umpan silang kepada Bojan. Sayang sepakan penyerang Spanyol bisa digagalkan De Gea.

Pada menit 85 Butland kembali menyelamatkan gawang Stoke dari aksi Anthony Martial yang memanfaatkan situasi sepak pojok.

Butland kembali menjadi tembok kokoh yang menggagalkan sepakan Rooney dan Juan Mata menjelang laga usai. Skor 2-0 untuk kemenangan Stoke bertahan hingga laga usai, demikian Skysports.

Susunan pemain kedua tim:

Man United: De Gea, Young, Smalling, Jones, Blind, Carrick, Herrera (Andreas Pereira ), Mata, Fellaini, Memphis (Wayne Rooney), Martial.

Stoke: Butland, Johnson, Shawcross, Wollscheid, Pieters, Whelan (Marco van Ginkel), Cameron (Charlie Adam), Shaqiri (Biram Diou), Afellay, Arnautovic, Bojan.