Hajar Real Betis 4-0, Barcelona Tutup Tahun di Puncak Klasemen

Jakarta, Sayangi.com – Barcelona menutup tahun 2015 dengan gemilang setelah berhasil kembali ke puncak klasemen La Liga Spanyol usai mengalahkan Real Betis dengan skor 4-0 pada pertandingan liga pekan ke-17 di Stadion Camp Nou, Barcelona, Kamis dini hari WIB.

Kemenangan yang tercipta berkat gol Lionel Messi dan Luis Suarez ini membawa Barcelona ke puncak klasemen dengan perolehan 38 poin dengan satu pertandingan tersisa melawan Sporting Gijon.

Barcelona menggeser posisi Atletico Madrid ke peringkat kedua dengan jumlah poin yang sama, namun demikian Barcelona masih menyisakan satu kali pertandingan lagi. Sementara musuh bebuyutan Barcelona, Real Madrid, turun ke peringkat ketiga dengan perolehan 36 poin.

Di lain pihak, kekalahan ini membuat Real Betis turun satu tingkat ke peringkat 12 dengan 20 poin dari 17 laga.

Pada jalannya laga, Barcelona memperoleh hadiah penalti menyusul pelanggaran penjaga gawang Real Betis, Antonio Adan, yang menjatuhkan Lionel Messi saat menggiring bola di mulut gawang pada menit 27.

Neymar yang ditugaskan menjadi penendang penalti justru terpeleset sehingga arah bola melenceng hingga membentur mistar gawang kemudian memantul kembali ke lapangan.

Namun bek Real Betis, Westermann, yang gugup mengantisipasi situasi tersebut justru membiarkan bola masuk ke gawang sendiri untuk membawa Barcelona unggul 1-0 pada menit 29.

Empat menit kemudian Barcelona menambah keunggulan 2-0 melalui sepakan Lionel Messi setelah melakukan kerja sama “satu-dua’ untuk melewati pemain bertahan Real Betis.

Luis Suarez berhasil menggetarkan gawang Real Betis ketika babak kedua baru berjalan satu menit. Gol itu bermula dari kesalahan umpan N’Diaye yang langsung dimanfaatkan Sergio Busquets dengan mengirimkan bola terobosan kepada Suarez.

Luis Suarez menjaringkan bola ke gawang Real Betis untuk kedua kalinya sekaligus mengantar Barcelona unggul 4-0 dengan memaksimalkan umpan pendek Neymar untuk melepaskan sepakan jarak dekat pada menit 83.

Unggul 4-0 tidak membuat Barcelona lengah, pelatih Luis Enrique justru memasukan penyerang tambahan Munir El Haddadi untuk menggantikan Sergi Roberto pada menit 86.

Namun hingga laga usai, skor 4-0 kemenangan Barcelona tetap bertahan, demikian laporan pertandingan Marca.

Susunan pemain kedua tim:

Barcelona (4-3-3): Bravo; Alves, Mascherano, Vermaelen, Mathieu (Adriano Correia); Busquets (Marc Bartra), Rakitic, Sergi (Munir El Haddadi); Messi, Suarez, Neymar

Real Betis (4-2-3-1): Adan; Molinero, Bruno (Pezzella 17), Westermann (Digard 36), Vargas; N’Diaye, Petros; Cejudo, Ceballos, Van Wolfswinkel; Castro (van der Vaart).