Wapres Sampaikan Ceramah Singkat di Masjid Gedhe Yogyakarta

Foto: Sayangi.com/Emil

Yogyakarta, Sayangi.com – Wakil Presiden M. Jusuf Kalla (JK) menyampaikan ceramah singkat seusai menunaikan ibadah Shalat Jumat di Masjid Gedhe Kauman, Yogyakarta.

Saat menunaikan Shalat Jumat, Wapres Kalla berada di barisan jamaah paling depan didampingi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Yuddy Chrisnandi, Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, serta Menteri Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Sofyan Djalil.

Beberapa menit setelah ibadah shalat usai, Wapres Kalla yang mengenakan kemeja putih langsung dipersilakan oleh takmir masjid berdiri di depan tempat imam shalat menghadap ratusan jamaah untuk memberikan ceramah yang berlangsung sekitar tiga menit.

“Jamaah Masjid Besar Yogyakarta yang dirahmati Allah, mari kita mensyukuri nikmat Allah karena kita telah melewati 2015 ke tahun 2016,” kata Wapres Kalla mengawali ceramahnya.

Wapres mengatakan, keberhasilan melewati tahun 2015 perlu disyukuri, namun tetap harus dibarengi dengan upaya introspeksi diri.

Selain itu, Wapres Kalla juga mengajak para jamaah untuk lebih memperbanyak amal ibadah di tahun 2016.

“Beribadahlan seakan-akan engkau mati besok, dan tuntutlah duniamu seolah-olah kita hidup selamanya,” kata Wapres Kalla, mengutip hadist Nabi Muhammad SAW.

Dalam kesempatan itu pula, Wapres mengungkapkan rasa syukur karena dapat shalat berjamaan di Masjid Gedhe Kauman yang menyimpan sejarah panjang penyebaran Islam di Yogyakarta.

“Saya bersyukur bisa shalat Jumat di masjid bersejarah,” kata Wapres.

Mesjid yang berdekatan dengan kompleks Keraton Yogyakarta itu, menurut Wapres dapat menjadi simbol yang menggambarkan hubungan pemerintah, ulama, dan masyarakat.

“Oleh sebab itu, mari kita menjaga persatuan kita, serta menjaga harmoni kita di dunia dan akhirat,” kata Wapres Kalla.

Seusai berceramah, Wapres menyempatkan mengamati ornamen-ornamen masjid berusia tua itu dengan sesekali bersenda gurau dengan para pengurus takmir Masjid Gedhe yang mendampinginya.

Tidak berlangsung lama, Wapres Kalla mengucapkan salam kepada para jamaah untuk pamit. Para jamaah yang mengerubunginya langsung berebut salam meski sempat dihalau tim keamanan yang membentuk pagar betis.

WapresKalla bersama keluarga besarnya menghabiskan waktu libur Tahun Baru 2016 di Yogyakarta. Selama liburan itu mereka mengunjungi beberapa objek wisata dan pusat kerajinan di Kota Yogyakarta dan Sleman. (An)