Wakil Presiden Kunjungi Sultan HB X

Yogyakarta, Sayangi.com – Wakil Presiden Jusuf Kalla bersama keluarga mengunjungi Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat Sri Sultan HB X di Kompleks Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Minggu, setelah tiga hari liburan di Yogyakarta.

Wakil Presiden bersama Ny. Mufidah Jusuf Kalla dan rombongan tiba di Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat sekitar pukul 09.00 WIB. 

Sultan bersama istrinya, GKR Hemas, bersama putri mereka GKR Condrokirono dan GKR Maduretno serta cucunya menyambut mereka di Regol Sri Manganti.

Saat memasuki Kompleks Kedhaton Keraton Ngayogyakarta, Sultan mempersilakan Wakil Presiden menuju Gedung Jene. 

Sementara GKR Hemas memandu Ny. Mufidah dan keluarga berkeliling melihat koleksi pribadi Sultan Hamengku Buwono IX di Museum HB IX, yang antara lain menyimpan koleksi mainan HB IX seperti mobil-mobilan.

GKR Hemas juga menceritakan riwayat hidup Sultan Hamengku Buwono IX mulai masa kanak-kanak hingga meninggalnya.

Setelah mengunjungi keempat ruangan Museum HB IX, Ny. Mufidah dan rombongan melihat koleksi gerabah keraton, museum kristal, serta museum batik di Kompleks Kedhaton.  

Di museum batik, Ny. Mufidah yang juga Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional mengagumi koleksi batik tua dan berbincang sejenak dengan abdi dalem yang sedang membatik.

Sebelum bertolak ke Stasiun Tugu untuk kembali ke Jakarta menggunakan kereta, rombongan disuguhi makanan ringan dan minuman di depan Bangsal Proboyekso.

Putri Sri Sultan HB X Gusti Kanjeng Ratu Condrokirono mengatakan bahwa sebelum berpamitan Ny.Mufidah memberikan cendera mata untuk GKR Hemas namun dia belum tahu isinya.

“Kalau dari Keraton tadi memberi cedera mata bunga dan buku sejarah tentang Keraton,” kata Condrokirono. 

Wakil Presiden bersama keluarga menghabiskan waktu libur Tahun Baru di Yogyakarta sejak Kamis (31/12) hingga Minggu (3/1). Mereka menginap di Gedung Agung Yogyakarta. Selama liburan mereka antara lain mengunjungi pusat-pusat kerajinan di Kota Yogyakarta dan Sleman.
(Ant)