Ini Rahasia Mooryati Soedibyo Tetap Bugar di Usia 88 Tahun

Foto: Antara

Jakarta,Sayangi.Com– Pengusaha jamu dan kosmetika Mooryati Soedibyo tampak bugar dan terlihat awet muda di usianya yang menginjak 88 tahun. Apa rahasianya?

“Olahraga fisik dan jiwa. Dengan rajin berolahraga, tubuh bukan hanya dapat mengeluarkan racun tapi juga memproduksi hormon-hormon pemicu rasa bahagia seperti dopamine dan serotonin,” kata Mooryati, saat konferensi pers menyambut hari ulang tahunnya yang ke-88 tahun di Jakarta, Senin (4/1).

Pendiri Yayasan Puteri Indonesia (YPI) yang berpengaruh besar dalam dunia kecantikan Indonesia itu mengatakan, dirinya tidak takut menua karena rasa bahagia yang terus ditanamkan dalam pikirannya.

Pendiri kelompok usaha PT Mustika Ratu ini mengaku masih melakukan senam secara rutin agar terhindar dari osteoporosis dan latihan fisioterapi agar lutut kuat untuk berjalan.

Selain olahraga fisik, ia pun menyempatkan diri untuk melakukan meditasi dan berdoa agar fisik dan jiwanya terhindar dari tekanan.

“Cantik itu harus luar dan dalam. Saya tidak pernah memikirkan beban dan tidak memiliki rasa sengit dalam diri saya. Itu lah yang membuat pikiran tenteram,” katanya.

Berpuasa, kata Eyang Moor, juga menjadi cara mudah agar awet muda karena dengan berpuasa dapat mengeluarkan racun dalam tubuh. Tip terakhir darinya agar awet muda adalah rutin minum jamu.

“Sejak muda saya rajin minum jamu. Sampai sekarang juga masih rajin. Saya biasanya minum beras kencur yang saya buat sendiri di rumah,” kata Mooryati.

Sebagai pendiri perusahaan jamu dan kosmetika terbesar di Indonesia, Mooryati pun terus mengembangkan industrinya sampai ke mancanegara dan sudah diekspor ke lebih dari 20 negara, antara lain Rusia, Belanda, Jepang, Afrika Selatan, Malaysia dan Brunei Darussalam.