Kereta Cepat Jakarta-Bandung Akan Groundbreaking 21 Januari

Foto: setkab.go.id

Jakarta,Sayangi.Com– Rapat Terbatas (ratas) yang dipimpin Presiden Jokowi dan dihadiri Wapres Jusuf Kalla pada Senin sore memutuskan, kereta cepat Jakarta-Bandung akan segera dimulai pembangunannya dengan melakukan pemasangan tiang pancang (groundbreaking) pada bulan ini.

“Presiden menekankan untuk perizinan segera diselesaikan, dengan harapan pada tanggal 21 Januari telah bisa dilakukan groundbreaking, kata Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung kepada wartawan, usai ratas di kantor Presiden, Jakarta, Senin (4/1) sore.

Menurut Pramono, ratas juga dihadiri Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Wagub DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat, dan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, karena moda angkutan ini akan terintegrasi dengan sistem transportasi di Jakarta dan Bandung.

Ia menyebutkan, nantinya di Bandung juga akan dibangun kereta ringan atau light rail transit (LRT), seperti LRT di Jakarta yang pembagian trase-nya sudah diatur lebih lanjut.

Intinya, kata Pramono, proyek ini akan segera dijalankan oleh pemerintah pada 21 Januari, harapannya groundbreaking bisa dilakukan.

Mengenai masalah perizinan, menurut Seskab, sekarang sudah hampir semuanya selesai. Diharapkan tanggal 14 atau 15 Januari seluruh perizinan sudah selesai. Sehingga ketika groundbreaking, sudah tidak menghadapi masalah perizinan.

Seskab juga menyampaikan, ada usulan dari Gubernur Jawa Barat agar moda tranportasi ini dapat terintergrasi di Bandung Raya, dan LRT-nya tidak hanya di Kota Bandung.

“Walaupun tahap awalnya akan dimulai dengan Kota Bandung, tetapi secara menyeluruh untuk Bandung Raya,” ujar Pramono.