Wow! IPO Saudi Aramco Bisa Melebihi 1 Triliun Dolar AS

Foto: AP

Dhahran, Sayangi.Com– Perusahaan minyak negara Arab Saudi saat ini sedang mempertimbangkan untuk menjual saham kepada investor dalam penawaran umum perdana atau IPO (initial public offering). Analis memperkirakan, nilai perusahaan yang berbasis di Kota Dhahran itu bisa ditetapkan 1 triliun dolar AS (sekitar Rp13.800 Triliun) atau jauh lebih besar.

Sebagai informasi, Saudi Aramco menguasai cadangan minyak terbesar di dunia, dan saat ini memasok 10 persen dari produksi minyak seluruh dunia atau tiga kali jumlah produksi Exxon Mobil, produsen terbesar berikutnya.

Spekulasi tentang rencana Saudi Aramco telah meningkat pesat minggu ini, dan perusahaan yang berbasis di Dhahran itu mengatakan dalam sebuah pernyataan hari Jumat (8/1) bahwa “pihaknya telah mempelajari berbagai pilihan untuk memungkinkan partisipasi masyarakat luas dalam ekuitasnya.”

Aramco mengatakan IPO hanya salah satu dari beberapa pilihan yang sedang dipertimbangkan, tetapi mereka berniat untuk melakukannya “melalui pendaftaran di pasar modal persentase yang tepat saham-sahamnya dan/atau mendaftarkan sebuah paket cabang- cabangnya.”

Dalam sebuah wawancara dengan majalah Economist, Wakil Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Muhammad bin Salman mengatakan bahwa keputusan akan diambil dalam beberapa bulan mendatang.

Pasar keuangan akan menetapkan harga saham Aramco jika perusahaan itu memutuskan untuk melakukan penjualan saham perdana – salah satu dari beberapa langkah yang sedang mempertimbangkan.

Sebagian besar analis keuangan-industri mengharapkan tawaran umum akan menaikkan harga saham Aramco, kapitalisasi pasar perusahaan, cukup tinggi untuk memastikan Aramco menjadi perusahaan yang paling berharga di dunia, jauh melebihi perusahaan raksasa komputer Apple, yang bernilai 500 miliar dolar AS.

 Sumber: VOA