Habis Kesabaran, Netizen Cina Kecam Kim Gendut

Beijing, Sayangi.Com– #TrenSosial: “Tetangga kita orang sinting, orang sinting dengan senjata,” itulah yang dikatakan salah satu pengguna media sosial di Cina menyusul langkah Korea Utara meledakkan bom hidrogen di lokasi yang tidak terlalu jauh dari perbatasan dua negara. Komentar seperti ini banyak ditemukan di internet Cina.

Beijing dan Pyongyang biasanya menerapkan sensor terhadap percakapan di media sosial. Namun komentar yang diterbitkan di Sina Weibo, media sosial Cina yang setara dengan Twitter, oleh pengguna dengan akun kkploo tidak disensor dan disukai lebih dari 3000 orang.

Hubungan Korea Utara dan Cina pernah tegang beberapa kali. Uji coba bom hidrogen yang dilakukan Korea Utara pekan ini juga mengejutkan bagi Beijing karena Cina tidak diberitahukan sebelumnya.

Tagar “Ledakan Nuklir keempat Korea” dan “Uji coba nuklir Korea Utara” populer di Cina dan puluhan ribu orang menggunakannya untuk mengungkapkan kemarahan mereka.

Kemarahan ini diungkapkan secara terbuka kepada Korea Utara dan khususnya pemimpin muda negara itu Kim Jong-un, tidak hanya melalui media sosial namun juga media resmi Cina.

“Anda semua orang dewasa! Tapi Anda tidak begitu penurut!” tulis seorang pengguna dengan gambar Kim Jong-un sebagai orang yang temperamental.

Satu karikatur yang diterbitkan di Weibo menggambarkan Kim Jong-un sebagai karakter dalam game video yang menggunakan bom hidrogen untuk lompat setinggi mungkin menangkap koin emas.

Keterangan di video itu menyebutkan, “Apa yang diinginkan Kim Gendut kali ini.”

Masih saja melindungi preman

Sentimen di balik ini adalah Korea Utara sangat pintar dalam menggunakan perilaku yang tak terduga untuk meminta bantuan ekonomi Cina.

Pengguna media sosial lain menghubungkannya dengan pemerintah Cina.

“Kerajaan surga (Cina) masih saja melindungi preman ini. Kita harus malu bahwa kerajaan surga masih melindungi preman ini. Kita harus malu,” kata pengguna Weibo yang ditanggapi dengan lebih dari 1.000 suka.

Pengguna Weibo lain, Han Zhiguo memposting peta yang menunjukkan begitu dekatnya tempat uji coba bom hidrogen dengan Cina.┬áIa menyebut tindakan Korea Utara dengan upaya mengembangkan “virus” yang pada suatu saat dapat menjadi bahaya besar bagi Cina.

Vincent Ni dari BBC Cina mengatakan, “Sensor Cina cukup toleran dan membiarkan orang menggunakan media sosial untuk mengkritik pemerintah karena tidak berbuat cukup untuk menangani Korea Utara.”

“Ini mungkin menunjukkan komentar-komentar seperti ini menggambarkan debat yang terjadi dalam kepemimpinan Cina tentang cara menghadapi pemimpin muda di Korea Utara,” tambahnya.

Hubungan Cina dan Korea Utara menurun sejak uji coba bom nuklir pertama pada 2013 yang diikuti oleh insiden terpisah lain seperti pembunuhan warga Cina di perbatasan dan Pyongyang dituding bertanggung jawab.

Pemimpin Cina, Xi Jinping, belum pernah mengunjungi Korea Utara sejak menjadi presiden pada tahun 2013.

Sumber: BBCIndonesia