Golkar Dukung Pemerintah, Akbar: Selesaikan Dulu Masalah Internal

Foto: Sayangi.Com/Dok.

Jakarta, Sayangi.Com– Ketua Dewan Pertimbangan (Wantim) DPP Golkar Akbar Tandjung berpendapat, Golkar sebaiknya menyelesaikan terlebih dahulu masalah internalnya sebelum menyatakan sikap untuk mendukung Pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla.

“Prioritas pertama adalah selesaikan masalah internal,” kata Akbar, usai menghadiri pernikahan putra KH Dr. Din Syamsuddin, di Gedung ESQ, di Jl. T.B. Simatupang, Jakarta, Sabtu (9/1).

Jika internal partai sudah kondusif dan kepengurusan baru terbentuk, menurut Akbar, semua keputusan ada di pimpinan baru tersebut apakah akan mendukung pemerintah atau tidak.

“Kalau nanti katakanlah ada perubahan, ada pimpinan baru, apakah akan mendukung pemerintah, ya kita hormati. Semua unsur di Golkar akan mengapresiasi,” ujar Akbar.

Dalam berbagai kesempatan, Akbar mengatakan bahwa masalah dualisme Golkar yang sudah berlangsung setahun lebih, hanya bisa diselesaikan dengan menggelar Munas bersama atau Munas Luar Biasa. Jalan ini juga tidak mudah karena membutuhkan sikap legowo dari para elite yang berseteru dan juga perlu persetujuan dari Dewan Pimpinan Daerah (DPD) tingkat I.

Akbar Tandjung yang pernah menjadi Ketua Umum DPP Golkar periode 1999-2004, dan membawa Golkar menjadi pemenang pada Pemilu 2004, mengaku sedih dan prihatin karena konflik yang berlangsung sejak akhir 2014 ini telah merembet ke tingkat DPD I dan DPD II. Dampak perpecahan itu sangat terasa pada Pilkada Serentak 2015. Dari 269 pilkada di seluruh Indonesia pada Desember 2015, hanya 18 persen yang dapat dianggap dimenangi oleh Golkar.