PDIP Dorong Perubahan Pola Perencanaan Pembangunan

Jakarta, Sayangi.com- Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengatakan partainya mendorong perubahan pola perencanaan pembangunan menjadi jangka panjang dan berkelanjutan.

Saat membuka rapat kerja nasional I PDIP di Jakarta, Minggu, Megawati menyebut perlunya pola pembangunan semesta berencana untuk Indonesia Raya.

“2016 bagi saya tahun menemukan kembali konsepsi untuk menemukan Trisakti, penjabaran konsepsi tersebut sudah disusun para pendiri bangsa, dalam pola pembangunan semesta Indonesia Raya, pengejawantahan UUD 1945,” kata putri pertama Proklamator Soekarno itu.

Pada pembukaan rapat kerja nasional, yang dihadiri Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, ia menegaskan perubahan pola perencanaan perlu dilakukan agar pembangunan nasional dapat berlangsung berkelanjutan meski presiden berganti.

“Perencanaan semesta yang tidak hanya lima tahunan dasarnya kebutuhan dan kepribadian rakyat Indonesia sendiri,” kata Megawati.

Dia mengkritik beberapa program kementerian yang belum mencerminkan Nawacita.

“Dari kajian sementara pusat analisa dan pengendali PDIP masih ada perbedaan signifikan dengan implementasi program, sering ada perbedaan antara Nawacita dengan program di kementerian,” katanya. (Ant)