Jadi Ketua DPR, Ade Komarudin Janji Tingkatkan Produktivitas Legislasi

Jakarta, Sayangi.com – Ketua DPR Ade Komarudin akan fokus meningkatkan produktivitas institusi DPR RI dalam membuat produk legislasi, dengan mengajak seluruh anggota DPR berkomitmen mewujudkannya.

“Tahun 2015, DPR hanya menghasilkan tiga undang-undang, ini harus dievaluasi dan menjadi instrospeksi, sehingga ke depan harus lebih produktif,” katanya, dalam pidato perdana pada Rapat Paripurna DPR di Gedung Nusantara II, Jakarta, Senin.

Ade menyadari bahwa fungsi legislasi DPR mengalami sorotan dari masyarakat, karena mengalami kemerosotan dari segi jumlahnya.

Menurut dia, ia sudah mengetahui bahwa kurang maksimal kinerja dalam produk legislasi itu disebabkan energi anggota DPR dikuras untuk berbagai kegiatan dan hanya menciptakan kegaduhan.

“Dalam pembuatan UU bukan hanya tugas DPR, namun juga pemerintah, sehingga koordinasi dan komunikasi keduanya harus ditingkatkan,” ujarnya lagi.

Ade menegaskan, dengan kebersamaan antara pimpinan DPR, pimpinan fraksi di DPR, dan seluruh anggota, maka produktivitas bisa meningkat.

Menurut dia, ke depan komunikasi yang dibangun bukan hanya formal namun lebih intensif secara informal, agar tidak ada kecurigaan dan tidak ada batasan.

“Saya tidak boleh memikirkan hanya satu partai saja, melalui komunikasi yang baik dan komitmen bersama, saya yakin semua masalah bisa diselesaikan,” katanya.

Selain itu, menurut dia lagi, dalam hal tugas pengawasan, DPR menampung aspirasi masyarakat dan DPR ingin melakukan pengawasan secara konstruktif.

Dia menjelaskan, DPR ingin memberikan jalan keluar bagi pemerintah terhadap suatu masalah, yaitu menyampaikan kritik dan memberikan solusinya. (Ant)