Uni Eropa dan AS Cabut Sanksi Ekonomi Terhadap Iran

Foto: AFP

Wina, Sayangi.Com– Negara-negara yang tergabung dalam Uni Eropa dan Amerika Serikat (AS) mencabut berbagai sanksi ekonomi terhadap Iran, menyusul pernyataan Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA) bahwa Iran telah merampungkan segala langkah yang diperlukan untuk menerapkan kesepakatan nuklir.

Dikutip dari BBC.Com, keputusan itu diambil dalam pertemuan di Wina, Austria, pada Sabtu malam (16/01) waktu setempat.

Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Federica Mogherini mengumumkan bahwa pencabutan sanksi tersebut sesuai dengan kesepakatan karena Iran sudah memenuhi semua komitmennya.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry, yang juga hadir dalam pertemuan di Wina, langsung memerintahkan agar sanksi ekonomi yang diterapkan Amerika Serikat terhadap Iran dicabut.

Direktur Jenderal IAEA Yukiya Amano menyebut perkembangan ini sebagai hari penting bagi masyarakat internasional.

Kesimpulan IAEA itu diambil, kata Amano, setelah tim inspektur IAEA melakukan verifikasi untuk memastikan Iran telah melakukan langkah-langkah yang diperlukan.

Kesepakatan nuklir ini dicapai antara Iran dan kelompok negara yang disebut P5 + 1 (terdiri dari Amerika Serikat, Inggris, Prancis, Cina, Rusia ditambah Jerman) pada Juli tahun lalu. Berdasarkan kesepakatan, Iran harus memangkas jumlah sentrifugal dan membongkar reaktor air berat di dekat kota Arak, keduanya dapat digunakan untuk membuat senjata nuklir.

Iran sendiri sejak awal selalu menegaskan bahwa program nuklirnya tidak ditujukan untuk membuat senjata nuklir.