Banjir Bandang Rendam Ratusan Rumah Warga Musi Rawas

Foto: istimewa

Palembang, Sayangi.Com– Banjir akibat hujan deras yang merendam ratusan rumah warga di Kecamatan Muara Kelingi, Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan, masih berlangsung hingga Selasa.

Banjir bandang setinggi tiga meter itu disebabkan oleh meluapnya Sungai Musi setelah diguyur hujan deras sejak Senin (18/1).

Aktivitas warga terhenti akibat banjir. Sebanyak 17 kepala keluarga terpaksa mengungsi ke Posko Kesehatan setempat, kata Lurah Muara Kelingi, Sukirman, Selasa.

Menurut Sukirman, banjir bandang tidak hanya merendam rumah warga, tetapi juga menggenangi sejumlah fasilitas umum seperti gedung sekolah, mushala dan puskesmas di kecamatan tersebut.

Aparat kelurahan dan Polsek setempat telah mempersiapkan Posko pengungsi dan layanan kesehatan yang didirikan di Pasar Inpres. Sekitar 17 kepala keluarga ditampung di posko pengungsian itu.

Jumlah rumah yang terendam diperkirakan mencapai 313 kepala keluarga dari empat rukun tetangga di Kelurahan Muara Kelingi.

Kapolsek Muara Kelingi Iptu Dedi Rahmat mengatakan, meskipun banyak warga memilih tetap bertahan di rumahnya yang kebanjiran, namun pihak aparat kepolisian tetap siaga dan waspada terutama mengantisipasi potensi banjir susulan yang bisa terjadi setiap saat supaya tidak menimbulkan korban jiwa.

Menurutnya, Polsek akan terus memantau dengan menerjunkan personel menjaga keamanan di kawasan banjir sampai air surut dan aktivitas warga kembali normal.

Sumber: Antara