Alaska Diguncang Gempa Bumi 7,1 SR

Juneau, Alaska, Sayangi.com – Gempa bumi besar berkekuatan 7,1 Skala Richter mengguncang daerah pedalaman Alaska selatan Minggu pagi-pagi buta waktu setempat.

Gempar bumi hebat ini terasa sampai beberapa ratus kilometer dari episentrum gempa, dari Cook Inlet sampai Anchorage, kota terbesar di Alaska, negara bagian paling utara Amerika Serikat.

Tidak ada korban jiwa dalam bencana ini, namun beberapa keluarga di kota kecil Kenai -yang berada di tengah antara pusat gempa dan kota Anchorage– diungsikan setelah ledakan gas merusak beberapa rumah setelah gempa terjadi.

Juru bicara kota itu mengatakan belum diketahui apakah ledakan itu ada kaitannya dengan gempa bumi yang terjadi beberapa menit sebelumya.

Listrik sempat dipadamkan di Anchorage, sekitar 257 km dari timur laut episentrum gempa, dan kota-kota dari utara sampai selatan.

Gempa bumi yang sebelumnya disebut berkekuatan 7,3 SR itu terjadi pada pukul 1.30 pagi waktu setempat, sekitar 48 km arah tenggara Teluk Pedo di tepi Danau Iliamna, di kaki rangkaian pegunungan sebelah barat Cook Inlet, kata Survei Geologi AS (USGS) seperti dikutip Reuters.

Gempa bumi terasa sampai Whitehorse di Kanada yang terletak 966 km arah barat Anchorage.

Pusat gempa berada pada kedalaman 128 km di bawah tanah. Gempa bumi tidak menyebabkan tsunami.