Jokowi ke Timor Leste Bahas Kerjasama Ekonomi dan Masalah Perbatasan

Foto: humas setkab

Denpasar, Sayangi.Com– Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Negara Iriana Jokowi dan sejumlah menteri kabinet, Selasa (26/1) pagi bertolak ke Dili, Timor Leste, untuk melakukan kunjungan kenegaraan dalam rangka memperkuat hubungan antara kedua negara.

Rombongan Presiden berangkat dari Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali, menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 sekitar pukul 07.00 WITA.

Di Dili, Presiden Jokowi dijadwalkan melakukan pertemuan dengan Presiden Timor Leste Taur Matan Ruak dan Perdana Menteri Timor Leste Maria De Araujo.

Kunjungan kerja ke Timor Leste ini merupakan yang pertama bagi Presiden Jokowi. Isu yang akan dibahas antara lain penguatan kerja sama perdagangan, investasi, energi, pembangunan infrastuktur serta komitmen bersama untuk mempercepat penyelesaian masalah perbatasan.

Selain itu akan ada penandatanganan lima nota kesepahaman, yakni mengenai kerja sama kepemudaan dan olahraga, kerja sama kearsipan, kerja sama bidang klimatologi dan geofisika, kerja sama terkait pencarian dan penyelamatan, serta kerja sama energi, petroleum dan sumber daya mineral.

Pemerintah Timor Leste juga akan menganugerahkan Bintang Jasa Tertinggi Republik Demokratik Timor-Leste Grande Colar de Ordem de Timor Leste kepada Presiden Joko Widodo.

Presiden dan rombongan dijadwalkan kembali ke Jakarta malam ini. Sebelum kembali ke Tanah Air, Presiden dan Ibu Negara bersama rombongan akan berkunjung ke Taman Makam Pahlawan Metinaro dan Taman Makam Pahlawan Seroja.

Para menteri yang ikut dalam kunjungan kenegaraan ini adalah Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, serta Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Sumber: Humas Setkab