Fachmi Idris Dikukuhkan Sebagai Guru Besar FK Unsri

Foto: Sujana Sulaeman

Palembang, Sayangi.Com– Plt Dirut BPJS Kesehatan Fachmi Idris, Rabu (27/1) hari ini, dikukuhkan sebagai Guru Besar bidang ilmu kesehatan masyarakat dan ilmu kedokteran Komunitas, Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya (Unsri).

Pengukuhan guru besar bagi Prof. Dr. Fachmi Idris, M. Kes. berlangsung di gedung serba guna Kampus Unsri, Palembang. Acara ini dihadiri oleh Rektor Unsri, Dekan Fakultas Kedokteran Unsri, para anggota senat guru besar Unsri, Gubernur Sumsel Alex Nurdin, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, serta sejumlah kerabatnya dari keluarga Korps alumni HMI (KAHMI) yang datang dari Jakarta.

Dalam kesempatan tersebut, Fachmi Idris menyampaikan orasi ilmiah berjudul “Bejana berhubungan permasalahan kesehatan nasional di era jaminan kesehatan nasional”, yang tidak terlepas dari pengalamannya sebagai Dirut BPJS, Dirut PT Askes, dan Ketua Ikatan Dokter Indonesia 2007-2011.

Asli Wong Kito

Fachmi Idris adalah putra asli Palembang atau populer dengan sebutan wong kito. Ia lahir di Kota Palembang pada 1 Februari 1968 dan menjalani pendidikan dari SD, SMP, SMA, hingga universitas di kota ini. Fachmi adalah alumnus Fakultas Kedokteran Unsri dan tercatat sebagai pengajar di kampus tersebut hingga saat ini, menjadi guru besar Unsri ke-116.

Ketua MPR Zulkifli Hasan, saat memberikan kata sambutan, menyampaikan rasa kekagumannya atas perjalanan hidup Fachmi Idris yang penuh prestasi, punya banyak catatan baik, hingga dikukuhkan sebagai guru besar.

“Selamat untuk Profesor Fachmi Idris, semoga ilmu yang dimilikinya bermanfaat untuk masyarakat, bangsa, dan membanggakan keluarga,” Kata Zulkifli Hasan.