Komisi II DPR Sepakati 9 Anggota Ombudsman 2016-2021

Foto: Sayangi.Com/Dok.

Jakarta, Sayangi.Com– Melalui proses musyawarah mufakat, Komisi II DPR telah menetapkan 9 anggota Ombudsman Republik Indonesia (ORI) periode 2016-2021, berdasarkan 18 nama kandidat yang diusulkan Presiden Joko Widodo. Dari 9 anggota ORI terpilih, Prof. Amzulian Rivai, Ph.D. ditetapkan sebagai ketua dan Lely Pelitasari sebagai wakil ketua.

“Ini perkembangan demokrasi yang sangat luar biasa. Selaku pimpinan kami mengimbau agar musyawarah mufakat ini dipertahankan untuk pemilihan pimpinan lembaga negara lainnya di masa datang,” kata Ketua Komisi II DPR Rambe Kamarulzaman, sebelum menutup rapat Komisi II DPR di Gedung Parlemen, Kamis (28/1) malam.

Rapat Komsisi II DPR tersebut diikuti oleh 48 dari 51 anggota Komisi II DPR.

Menurut Rambe, seluruh kandidat anggota ORI telah menjalani uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di ruang Komisi II DPR. Berdasarkan itu, 10 fraksi yang ada di Komisi II bermusyawarah dan menyepakati seorang ketua, seorang wakil ketua, dan tujuh anggota.

“Komisi II DPR juga memutuskan, bagi pimpinan dan anggota yang berhalangan tetap atau mengundurkan diri dalam massa jabatannya, maka penggantinya didasarkan atas ranking hasil musyawarah mufakat ini, kata Rambe.

Pimpinan dan anggota ORI terpilih tersebut akan ditetapkan dalam Rapat Paripurna DPR pada Selasa (2 Februari) mendatang, dan selanjutnya diajukan ke Presiden untuk segera dilantik.

Berikut ini nama 9 anggota ORI 2016-2021 terpilih:

1. Adrianus Meliala

2. Ahmad Alamsyah Saragih

3. Ahmad Suaedy

4. Alvin Lie

5. Amzulian Rivai (ketua)

6. Dadan Suparjo Suharmawijaya

7. Laode Ida

8. Lely Pelitasari (wakil ketua)

9. Ninik Rahayu