Menteri PUPR: Tarif Tol Suramadu Akan Turun Bulan Februari Ini

Foto: istimewa

Jakarta, Sayangi.Com– Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan tarif tol Jembatan Surabaya-Madura (Suramadu) akan diturunkan pada bulan Februari ini. Besar penurunan tarif masih dalam perhitungan oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT).

“Saya minta bulan ini tarif Tol Suramadu baru diberlakukan, itu cukup dengan SK Menteri PUPR saja,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono kepada wartawan, usai menghadiri acara Economic Forum bertema “2016 : The Year of Investment” di Jakarta, Kamis (4/2) kemarin.

Saat ditanya wartawan berapa persen tarif tol akan diturunkan? Basuki mengatakan belum dapat memastikan saat ini karena masih dalam proses penghitungan.

“Untuk berapa persen turunnya, saat ini masih dihitung oleh BPJT Kementerian PUPR terutama untuk pemeliharaan ringan,” ujarnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, rapat terbatas yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Rabu (3/2), telah memutuskan untuk menurunkan tarif tol Jembatan Suramadu lebih dari 50 persen.

“Perdebatannya semula adalah digratiskan atau diturunkan, tapi akhirnya diputuskan untuk diturunkan dengan berbagai pertimbangan. Ini sudah sangat membantu bagi masyarakat di Madura maupun di Surabaya,“ kata Seskab Pramono Anung kepada wartawan usai Rapat Terbatas yang dihadiri oleh Gubernur Jatim Soekarwo dan Walikota Terpilih Surabaya Tri Rismaharini itu.

Perlu Pemeliharaan

Basuki Hadimuljono menjelaskan, Jembatan Suramadu dibangun dengan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), sehingga tidak akan merugikan operator jika tarif tol diturunkan. Namun Basuki menegaskan, Tol Suramadu tidak mungkin digratiskan karena harus ada pemeliharaan.

Seperti diketahui, Tol Suramadu sepanjang 5,4 kilometer dengan lebar mencapai 30 meter menghubungkan Surabaya dengan Pulau Madura. Selama ini, tol tersebut menetapkan tarif kepada kendaraan yang melintas sebesar Rp 90.000 untuk truk besar, truk sedang Rp 60.000, dan mobil kecil seperti sedan dikenai tarif Rp 30.000.