BMKG Prakirakan Jabodetabek Diguyur Hujan Sepanjang Hari

Jakarta, Sayangi.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan seluruh wilayah di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) akan diguyur hujan pada Rabu.

Situs resmi BMKG yang dikutip di Jakarta, memprakirakan seluruh wilayah Jabodetabek pada siang hari akan mengalami hujan dengan intensitas sedang yang merupakan kelanjutan dari hujan di beberapa wilayah pada pagi hari.

Kemudian, hujan juga akan mengguyur wilayah Jabodetabek pada malam hari dengan intensitas bervariasi. Wilayah Jakarta Utara, Jakarta Timur, Depok, Bekasi dan Bogor kemungkinan akan mengalami cuaca hujan dengan intensitas sedang.

Sedangkan wilayah lainnya seperti Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, dan Tangerang pada malam hari diprakirakan akan mengalami hujan ringan.

Sebelumnya, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Andi Eka Sakya mengatakan sekitar 97,4 persen wilayah Indonesia sudah memasuki musim hujan.

“Sekarang ini memang sedang pada puncaknya rata-rata di seluruh Indonesia,” kata Andi, Selasa (16/2).

Untuk wilayah Jakarta, BMKG menunjukkan adanya indikasi potensi kejadian hujan lebat dalam beberapa hari ke depan berdasarkan perkembangan kondisi dinamika atmosfer yang mendukung pertumbuhan awan hujan di wilayah Indonesia.

Aliran massa udara dingin dari Asia (Asian cold surge) dan fase basah Madden Julian Oscillation (MJO) masing-masing kembali berkolaborasi dan kemungkinan akan kembali menimbulkan potensi kejadian cuaca ekstrem.

Keadaan tersebut diiringi dengan fenomena cuaca regional yang menandakan adanya daerah belokan dan pertemuan angin yang sering menjadi pemicu potensi terjadinya hujan lebat.(Ant)