Wapres Minta Kisruh Kabinet Tidak Terulang Lagi

Foto: Sayangi.com/Emil

Jakarta, Sayangi.com – Wakil Presiden, Jusuf Kalla, meminta agar tidak terus terjadi kisruh dalam Kabinet Kerja sehingga para menteri tetap solid menjalankan tugas-tugasnya masing-masing.

“Perdebatan itu biasa saja sebenarnya di mana-mana. Tentunya tidak boleh membawa keluar permasalahan internal dan ya tentu kita harapkan jangan terulang lagi,” kata politisi senior itu, di Jakarta, Rabu.

Hal itu dia sampaikan terkait perdebatan antara Menteri Koordinator Maritim dan Sumber Daya, Rizal Ramli, dan Menteri ESDM, Sudirman Said, mengenai Blok Masela. 

Salah satu “materi” perdebatan mereka tentang Blok Masela ini adalah bahwa menteri yang pertama ingin pengolahannya di darat sementara yang kedua di laut saja. 

Menurut Kalla, menteri-menteri itu sudah berulang kali ditegur agar tidak membawa permasalahan internal dan menjadi kisruh serta perdebatan di publik melalui media massa ataupun media sosial.

“Ya saya sendiri sudah berkali-kali menegur, kadang-kadang ada memang orang yang bersikap tidak sesuai dengan jalur organisasi,” ujar dia seperti dikutip Antara. 

Dia mengatakan untuk mengevaluasi hal ini, tentu presiden akan mengambil langkah-langkah dan tindakan agar tidak terjadi lagi hal yang sama.

Terkait tugas masing-masing menteri, sebenarnya sudah terdapat di dalam Keppres sehingga jelas mana yang menjadi tanggung jawab kementeriannya.

“Apakah nanti berujung ke perombakan kabinet tentu itu kewenangan presiden,” kata Kalla.