Jokowi Copot Archandra Tahar Sebagai Menteri ESDM

Jakarta, Sayangi.com – Presiden Jokowi akhirnya memberhentikan dengan hormat Archandra Tahar sebagai Menteri ESDM. Hal itu menyusul polemik seputar dwikewarganegaraan Archandra selama dua hari terakhir.

“Menyikapi pertanyaan publik tentang status kewarganegaraan Saudara Archandra Tahar. Setelah memperoleh informasi dari berbagai sumber, Presiden memberhentikan dengan hormat Bapak Archandra Tahar sebagai Menteri ESDM,” kata Mensesneg Pratikno dalam konferensi pers di Istana beberapa saat lalu.

Selanjutnya, Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan akan menjabat sebagai pelaksana tugas Menteri ESDM hingga presiden menunjuk menteri yang baru secara definitif.

Sebelumnya, mantan Ketua MK Mahfud MD di acara Tvone, Senin (15/8) petang, secara tegas mengungkapkan tidak ada jalan lain bagi status dwi kewarganegaraan Archandra selain diberhentikan oleh presiden atau yang bersangkutan mengundurkan diri. Hal itu diakui Mahfud dalam rangka penegakan aturan hukum tata negara, bukan soal Archandra orang baik atau pintar.