Valencia Tersungkur di Tangan Barcelona

Ist
Valencia, Sayangi.com – Sebuah tendangan penalti yang dieksekusi Lionel Messi pada menit-menit akhir pertandingan menjadi kunci kemenangan Barcelona ketika mereka menaklukkan Valencia 3-2 dalam laga pekan kesembilan La Liga Spanyol di Stadion Mestalla, Sabtu.

Hasil itu membuat Barcelona untuk sementara naik ke puncak klasemen dengan raihan 19 poin, meski posisi tim besutan Luis Enrique itu masih terancam tergusur mengingat Atletico Madrid (18), Real Madrid (18) dan Sevilla (17) belum melakoni laga pekan kesembilan mereka.

 
Sementara itu Valencia (9) kembali terperosok ke peringkat 15 dan terancam disalip sejumlah pesaing mereka, termasuk Deportivo La Coruna (8) dan Sporting Gijon (7).
 
Kemenangan Barcelona memakan tumbal dengan ditandunya Andres Iniesta dari lapangan pada menit 14 digantikan Ivan Rakitixc setelah berbenturan dengan Enzo Perez tiga menit sebelumnya.
 
Meski demikian hal itu tak menghentikan Barcelona membuka keunggulan lebih dulu lewat gol Messi pada menit 22 dari jarak dekat menyambut umpan matang kiriman Rakitic.
 
Barcelona hampir memperbesar keunggulan pada menit 37 jika saja tembakan Luis Suarez ke tiang jauh tak mampu dijangkau penjaga gawang Diego Alves. Tujuh menit berselang giliran Marc-Andre ter Stegen yang mengamankan gawang Barcelona, menghalau upaya Rodrigo.
 
Valencia akhirnya menyamakan kedudukan lewat Munir El Haddadi pada menit 52 saat pemain pinjaman itu mencetak gol ke gawang klub asalnya sendiri, memanfaatkan umpan tarik Daniel Parejo.
 
Empat menit berselang Valencia membalikkan keadaan menjadi unggul 2-1 atas Barcelona setelah Rodrigo menyambut umpan silang Nani demi mencatatkan namanya di papan skor.
 
Hanya saja keunggulan itu cuma berusia 10 menit sebelum Suarez memanfaatkan bola muntah hasil penyelamatan tak sempurna Alves atas bola tandukan Rakitic.
 
Kedua tim terlibat saling serang dengan lampu sorot mengarah ke Stegen dan Alves hingga waktu normal usai dan pertandingan seolah akan berakhir imbang 2-2.
 
Namun pada menit 90+2 Suarez dijatuhkan Aymen Abdennour di area terlarang dan wasit Alberto Undiano Mallenco segera menunjuk titik putih. Messi yang jadi algojo dengan dingin melepaskan tendangan yang meski arahnya tertebak namun laju bola tak terhentikan oleh jangkauan tangan Alves.
 
Susunan pemain kedua tim di laga tersebut seturut laman resmi La Liga:
 
Valencia (4-2-3-1): Diego Alves (PG); Martin Montoya (Munir El Haddadi), Ezequiel Garay, Eliaquim Mangala, Jose Gaya (Aymen Abdennour); Mario Suarez, Enzo Perez; Joao Cancelo, Daniel Parejo, Nani; Rodrigo (Santi Mina)
Pelatih: Luciano Spalletti
 
Barcelona (4-3-3): Marc-Andre ter Stegen (PG); Sergi Roberto, Javier Mascherano, Samuel Umtiti, Lucas Digne; Andre Gomes (Denis Suarez), Sergio Busquets, Andres Iniesta; Lionel Messi, Luis Suarez, Neymar
Pelatih: Luis Enrique.