Mahfud MD Peringatkan Polri, Jangan Main Api dengan Kasus Ahok!

Ist

Jakarta, Sayangi.com – Pakar Hukum Tata Negara Mahfud MD memperingatkan Polri agar benar-benar jujur dan obyektif dalam mengusut kasus penistaan agama oleh Gubernur DKI nonaktif Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Mahfud mengingatkan Polri agar tidak bermain api dengan kasus yang sudah membuat marah jutaan umat Islam di Indonesia.

“Kepada polri, jangan main api dengan masalah Ahok ini. Kalau gelar perkara yang benar-benar. Jangan menimbulkan kesan ahli atau pertanyaan itu menggiring,” kata Mahfud dalam sebuah TalkShow di stasiun TV swasta, Senin (7/11).

Mahfud juga meminta Polri agar betul-betul transparan menyikapi kasus penistaan agama tersebut.

“Jangan sampai Polri punya agenda-agenda tertentu, misalnya memanggil ahli yang lebih memihak pihak tertentu. Kemudian membuat pertanyaan-pertanyaan yang memihak pihak-pihak tertentu. Itu tidak akan menyelesaikan masalah. Lebih baik terbuka aja sekalian, dibuka secara seimbang agar nanti proses hukum itu berjalan benar,” imbuhnya.

Mahfud mengingatkan Polri bahwa kasus penistaan agama yang menyeret Ahok ini sudah menyulut kemarahan umat Islam. Dengan begitu, ia meminta Polri harus benar-benar obyektif dalam menegakkan hukum.

“Lihat tekanan psikologis saja bahwa ini masyarakat sudah menggebu-gebu, sehingga Polri harus cepat menyikapi ini,” jelasnya.

“Kita tidak ingin seseorang dihukum karena tekanan publik, tetapi kita juga tidak ingin ada orang melanggar hukum dibiarkan saja, tetapi hukum itu berjalan dalam koridornya aja, independen.”