Politisi PKS Yudi Widiana Diperiksa KPK Terkait Korupsi di KPUPR

Jakarta, Sayangi.com – KPK memeriksa Wakil Ketua Komisi V DPR dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Yudi Widiana sebagai saksi dalam penyidikan kasus dugaan tindak pidana korupsi penerimaan suap dalam pengurusan anggaran pada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

“Yudi Widiana Adia diperiksa sebagai saksi untuk tersangka SKS (So Kok Seng),” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Jakarta, Senin.

Pada 6 Desember 2016 KPK menggeledah dua rumah Yudi Widiana di Cimahi dan Jakarta untuk kemudian menyita dokumen tertulis dari sana.

KPK juga pernah menggeledah ruang kerja Yudi di DPR pada 15 Januari 2016.

Selain Yudi, KPK juga memeriksa mantan Ketua Kelompok Fraksi sekaligus anggota Komisi V DPR dari Fraksi PKB Musa Zainuddin dalam perkara sama.

Aseng dikenai pasal 5 ayat 1 huruf a atau huruf b dan atau pasal 13 UU No 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU No 20 Tahun 2001 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Untuk perkara ini, mantan anggota Komisi V DPR dari Fraksi PDI-P Damayanti Wisnu Putranti pernah bersaksi bahwa pimpinan Komisi V dengan Kementerian PUPR pernah menggelar rapat tertutup atau rapat setengah kamar di Sekretariat Komisi V DPR pada September 2015 berisi kesepakatan mengenai Rancangan APBN 2016 yakni jika aspirasi Komisi V tidak bisa ditampung oleh Kementerian PUPR maka pimpinan komisi V tidak akan mau melanjutkan Rapat Dengar Pendapat.