JK Tegaskan Pasar Senen dan Tanah Abang Lebih Penting dari Pasar Modal

Ist

Jakarta, Sayangi.com – Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla (JK) mengungkapkan pentingnya pasar modal. Namun begitu, JK begitu menegaskan pentingnya pasar-pasar di sektor riil.

“Saya selalu bilang, pasar modal penting, tapi yang lebih penting lagi Pasar Senen, Pasar Tanah Abang. Tidak ada gunanya di sini naik, tapi Pasar Senen dan Tanah Abang turun, jadi harus ada sinkronnya,” kata JK saat membuka perdagangan efek perdana 2017 di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta Selatan, Selasa (3/1/2017).

“Kalau tidak ada sinkronnya, tidak ada gunanya, apalagi kalau di sini investasi 60% asing, kita membuat effort untuk mereka.”

“Jadi, dasar dari pada semua ini bukan hanya dituntun oleh angka-angka di sini, tapi harus dituntun juga oleh pertumbuhan ekonomi yang mendasar di negeri ini. Barulah kemudian orang akan masuk ke sektor Bursa Efek Indonesia,” imbuhnya.

Menurut JK, Indonesia memiliki banyak sumber daya yang bisa dimanfaatkan untuk pertumbuhan ekonomi. Mulai dari jumlah penduduk yang banyak hingga sumber daya alam melimpah.

“Tinggal bagaimana kita mengelola itu dengan aman, dengan baik, dengan adil, karena keadilan lah yang menyebabkan sesuatunya kedamaian, dan kedamaian lah yang akan memberikan harapan dan kerja keras dari semua pihak, dan kerja keras yang membuat indeks saham jadi lebih baik. Tidak ada hanya isu,” ujarnya.

Untuk membangun ekonomi yang kuat, dibutuhkan modal yang kuat. Menurut JK, Indonesia sudah punya modal itu dan tinggal mengolahnya dengan baik.

“Karena itulah sekali lagi saya ingin ucapkan selamat kepada anda semua di sini, bahwa upaya kita untuk membangun bangsa di sini, semua bangsa dibangun harus memiliki modal yang kuat, dan anda lah termasuk di sini sebagai lembaga yang dapat memberikan modal jangka panjang kepada ekonomi nasional kita, dengan saling menguntungkan dengan kerja keras,” tambahnya.

“Karena itulah maka hari ini semangat kita dengan tahun 2017 ini, semangat yang baik, mudah-mudah akan berprestasi bukan hanya di indeks tapi juga di masyarakat,” jelasnya.