Demo 121 Ricuh, Ketua Umum HMI Bangkalan Ditangkap Polisi

Ist

Bangkalan, Sayangi.com – Aksi 121 yang diikuti ratusan aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) di depan gedung DPRD Bangkalan berakhir ricuh. “Aksi Bela Rakyat” tersebut berujung bentrok dengan aparat kepolisian.

Bahkan, aksi ini diwarnai penangkapan Ketua Umum HMI Cabang Bangkalan Angga Dwi Arifardy. Ia ditangkap saat tengah terjadi bentrokan karena demonstran tetap memaksa masuk gedung dewan setempat.

Namun, meski ketua umum HMI diamankan polisi, ratusan kader lain tidak ciut nyali. Mereka tetap melanjutkan aksinya ke Kantor Bupati Bangkalan, di Jalan Soekarno Hatta.

Unjuk rasa ini merupakan rangkaian unjuk rasa yang dilakukan serentak di Indonesia. Aksi ini dilakukan untuk memprotes berbagai kebijakan Presiden Joko Widodo yang meresahkan masyarakat.

Salah satu yang menjadi sorotan dalam aksi ini adalah kenaikan tarif listrik serta kenaikan pajak kendaraan bermotor hingga 300 persen.
“Kebijakan ini membebani rakyat, masyarakat susah,” kata Ketua HMI Bangkalan, Angga Dwi Fardi.

Awalnya unjuk rasa berjalan lancar dan normal. Ketegangan muncul karena tidak satu pun anggota dewan keluar menemui mahasiswa. Kapolres Bangkalan AKBP Anissullah M Ridha yang mencoba menenangkan massa tak bisa memuaskan mahasiswa.

Mahasiswa pun mencoba masuk ke gedung DPRD, namun dihalangi polisi. Mereka pun saling dorong dan kericuhan pun tak terhindarkan.