Beda Ira Koesno dan Tina Talisa Dalam Memandu Debat Cagub DKI

Jakarta, Sayangi.Com– Debat pertama calon gubernur-wakil gubernur DKI Jakarta dipandu oleh Ira Koesno, sedangkan debat kedua pada Jumat (27/1) malam dipandu oleh duet Tina Talisa dan Prof. Eko Prasojo.

Usai debat kedua, penampilan Tina banyak dibahas netizen di media sosial, lengkap dengan komentar-komentar manakah yang lebih baik penampilannya diantara kedua mantan presenter televisi ini.

Ahli bahasa tubuh, Monica Kumalasari, saat dihubungi Antaranews juga memberikan penilaian bahwa salah satu perbedaan Ira dan Tina terdapat pada gaya dan nada suaranya saat memandu jalannya debat.

“Ira Koesno itu tone suaranya tinggi sehingga kesannya sedang marah atau emosi tinggi. Hal ini juga membuat situasi debat seperti mencekam,” kata Monica, Sabtu (28/1).

Sedangkan Tina Talisa, kata Monica, memiliki suara yang lebih nyaman baik bagi penonton maupun pasangan calon gubernur.

“Tina Talisa, dari sisi penonton dan paslon, lebih nyaman karena merasa tidak diburu-buru dan nada suaranya enak,” kata pakar bahasa tubuh berbasis sains yang mendapat lisensi dari Paul Ekman itu.

Sementara itu, Eko Prasojo, yang merupakan dekan di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia itu, dinilai Monica cukup baik namun kurang maksimal mengeksplorasi keahliannya untuk mendalami jawaban dari para pasangan calon (paslon).

“Saya tidak melihat dia memperdalam jawaban dari paslon padahal itu diperbolehkan, saya tidak melihat fungsi itu dari dia,” ujar Monica.