KH Ma’ruf Amin: Warga NU tak Usah Ikut Aksi 112

Ist

Serang, Sayangi.com – Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH. Ma’ruf Amien meminta umat Islam, khususnya yang berada di Banten agar tidak mengikuti aksi 11 Februari di Jakarta.

“Terkait demonstrasi 112, itu sudah ada kesepakatan antara KPU, Bawaslu, Polri dan TNI. Saya instruksikan kepada warga NU tidak ke Jakarta, cukup di sini saja. Ikuti Pilgub Banten,” kata Ma’ruf saat ditemui di Pondok Pesantren (Ponpes) An-Nawawi, Kecamatan Tanara, Kabupaten Serang, Banten, Rabu (8/2/2017).

Ma’ruf Amin yang juga Ketua MUI ini meminta agar seluruh masyarakat Indonesia sama-sama menjaga empat pilar kebangsaan, yakni UUD 1945, Pancasila, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

“Kita punya kewajiban menjaga negara dari ancaman radikalisme, separatisme. Kita harus menjaga empat pilar kebangsaan,” ucap dia.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono mengaku tidak memberikan izin terhadap aksi tersebut. Meski telah menerima surat pemberitahuan dari Forum Umat Islam (FUI) terkait aksi, namun kata dia, polisi tak memberikan Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP).

“Kami tidak berikan STTP. Jadi itu (aksi 112) tidak kita izinkan,” ujar Argo di Mapolda Metro Jaya, Selasa 7 Februari 2017.

Alasan izin aksi tidak dikeluarkan kata dia, karena aksi tersebut dikhawatirkan mengganggu masyarakat.