Kuliah Umum di Unsyiah, Kapolri Apresiasi Pilkada di Aceh Damai

Kapolri Tito Karnavian menyampaikan kuliah umum di Universitas Syiyah Kuala Banda Aceh, Jum'at (17/2)
Kapolri Tito Karnavian menyampaikan kuliah umum di Universitas Syiyah Kuala Banda Aceh, Jum'at (17/2)

Banda Aceh, Sayangi.com –¬†Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian mengapresiasi pelaksanaan Pilkada di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam berjalan lancar tanpa ada gangguan. Hal itu disampaikan Kapolri usai melaksanakan Shalat Jumat dalam rangka kuliah umum di Universitas Syiah Kuala Banda Aceh.

“Saya mengapresiasi Pilkada di Aceh berlangsung lancar dan damai. Semoga siapapun yang menjadi pemenang dapat memberikan manfaat bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Aceh,” kata kapolri di Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, Jum’at (17/2).

Lebih lanjut Kapolri yang dikenal akrab dengan dunia kampus itu mengajak seluruh masyarakat Aceh untuk menerima hasil proses demokrasi yang merupakan bentuk aspirasi rakyat Aceh melalui Pilkada. Tak lupa dia menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh aparat yang terlibat dalam pengamanan Pilkada di Aceh.

“Terima kasih ke seluruh aparatur kemanan dari Kapolda, Pangdam, Kapolresta, dan semua pihak yang terlibat dan berkontribusi atas terselenggaranya Pilkada yang aman dan damai,” katanya.

Dalam kuliah umumnya di hadapan civitas akademika Universita Syiah Kuala, Kapolri menegaskan bahwa Pemilihan atau Pilkada merupakan hal penting dalam negara demokrasi. Karena itu Polri berkewajiban untuk menjamin proses demokrasi berjalan aman dan tertib.

“Tujuan Polri hanya demokrasi prosesnya berjalan aman, sedangkan personel Polri dan TNI tidak akan ikut-ikutan dalam politiknya. Wajib netral,” tegas Tito.

Kapolri juga menekankan pentingnya posisi Aceh bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Menurutnya, dalam perkembangan sejarah Indonesia, Aceh merupakan inisiator penting yang mendorong lahirnya kemerdekaan Republik Indonesia.

Selain itu, Kapolri mengaku kagum dengan keberadaan kampus Universitas Syiah Kuala yang megah dan programm pendidikannya yang berkualitas. Dia mengapresiasi kampus tersebut telah berkontribusi dalam peningkatan SDM di Aceh sehingga menjadi elemen penting bagi kemajuan bangsa.

Kuliah Umum Kapolri di Universitas Syah Kuala mengambil tema “Memantapkan Demokrasi dan Memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia dari Aceh Untuk Indonesia”.

Kapolri tiba di Bandara Sultan Iskandar Muda sekitar pukul 11.30 WIB dan disambut langsung oleh Rektor Universitas Syiah Kuala Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng, Gubernur NAD Zaini Abdullah, Kapolda Irjen Pol Rio S Djambak, Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol T Saladin, dan Pangdam Iskandar Muda Mayjen Tatang Sulaeman. Di Unsyiah Kapolri juga disambut hangat oleh jajaran Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) pimpinan Faizal

Sedangkan rombongan Kapolri dari Jakarta didampingi oleh Kabaharkam Komjen Putut Eko Bayuseno, Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Rafli Amar, Asisten SDM Mabes Polri Irjen Pol Arief Sulistyanto, dan Brigjen Pol Lucky. Selain itu turut serta juga Bursah Zarnubi, Ari Yusuf Amir, Sespri Kapolri Kombes Dadang, Kombes Rachmad, dan AKBP Hendri.

kapolri dan bursah zarnubi di Aceh kapolri di aceh