Mahershala Ali: Aktor Muslim Pertama Raih Piala Oscar

Mahershala Ali di perhelatan Oscars 2017, di Dolby Theatre Los Angeles, AS, Minggu (26/2) malam./Foto: AP

Los Angeles, Sayangi.Com– Mahershala Ali, aktor AS keturunan Afrika, meraih Piala Oscar sebagai aktor pendukung terbaik dalam film Moonlight, dimana dia berperan sebagai seorang pengedar narkoba di Miami yang menjadi mentor seorang anak laki-laki yang sering menjadi korban intimidasi (perisakan).

Pria Muslim kelahiran 1974 ini, mengalahkan nominator lainnya, Dev Patel (Lion), Lucas Hedges (Manchester by The Sea), serta Michael Shannon (Nocturnal Animals) dan Jeff Bridges (Hell or High Water).

Mahershala Ali, yang dilahirkan dengan nama Eric Gilmore, dalam sambutannya mengatakan sangat berterimakasih kepada sejumlah nama yang disebutnya sebagai guru.

“Mereka secara terus-menerus mengatakan kepada saya bahwa ini bukanlah tentang Anda, tetapi tentang karakter yang Anda mainkan,” kata Mahershala, dengan bersemangat, dalam acara Academy Awards 2017 di di Dolby Theatre, Los Angeles, Minggu (26/2) malam waktu setempat.

Oscar paling politis

Perhelatan Academy Awards 2017 diperkirakan menjadi salah satu upacara yang paling politis dalam beberapa tahun ini. Pembawa acara (host) Jimmy Kimmel menyindir Presiden AS Donald Trump, dengan mengatakan berbagai kebijakan Trump telah membuat Oscars jadi tidak terlalu rasis.

Kritik #OscarsSoWhite, atau Oscar terlalu didominasi kulit putih dalam dua tahun terakhir, hilang dalam pagelaran Oscar pada Minggu malam ini.

Berkat film-film seperti “Moonlight”, “Fences” dan “Hidden Figures”, ada enam aktor berkulit hitam dinominasikan. Untuk pertama kalinya, aktor non-kulit putih dinominasikan dalam setiap kategori akting. Dan empat dari lima peraih nominasi film dokumenter terbaik juga disutradarai oleh sutradara berkulit hitam.

“La La Land” unggul dengan 14 nominasi Oscar, termasuk aktor, aktris, sutradara dan film terbaik. Rekor itu setara dengan perolehan nominasi yang didapat “All About Eve” dan “Titanic”. Menyusul di belakangnya adalah “Arrival” dan “Moonlight”, masing-masing dengan delapan nominasi.

Film-film lain yang memperebutkan gelar film terbaik adalah “Fences” yang diarahkan Denzel Washington, “Hacksaw Ridge” yang disutradarai Mel Gibson, “Hell or High Water” yang diarahkan David Mackenzie, “Hidden Figures” yang disutradarai Theodore Melfi, “Manchester by the Sea” karya sutradara Kenneth Lonergan, dan “Lion” yang disutradarai Garth Davis.

Kemajuan itu terjadi menyusul upaya yang dilakukan Presiden Academy of Motion Pictures Arts and Sciences (AMPAS) Cheryl Boone Isaacs untuk membuat lebih beragam keanggotaan AMPAS yang sebagian besar berkulit putih, berusia lanjut dan laki-laki. Bulan Juni, akademi menambah 683 anggota baru: 46 persen di antaranya perempuan; 41 persen non-kulit putih; dan berasal dari 59 negara.

Sumber: BBC/VoaIndonesia