Kapolri: Kami akan Habis-habisan Amankan Raja Salman

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian
Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian

Jember, Sayangi.com – Kepala Kepolisian Indonesia, Jenderal Polisi Tito Karnavian, siap menjaga keamanan Raja Salman dan rombongan selama mereka ada di Indonesia, pada 1-9 Maret nanti.

Raja Salman dalam status tamu negara pada 1-3 Maret, dalam kunjungan resmi ke Indonesia dalam kapasitas dia sebagai kepala negara dan sekaligus kepala pemerintahan Kerajaan Arab Sudi. Pada 3-9 Maret, Raja Salman dan rombongan ada di Bali untuk suatu kunjungan tidak resmi, berlibur.

Walau demikian, pengamanan maksimal kepada dia dan rombongan tetap diberlakukan.

Sesuai UU Nomor 34/2004 tentang TNI, lapis pertama (biasa disebut “ring 1”) pengamanan kepala negara dan/atau kepala pemerintahan dalam kunjungan resmi ada di tangan TNI.

Adalah Pasukan Pengamanan Presiden Markas Besar TNI yang akan melaksanakan tugas dan tanggung jawab itu. Khusus untuk pengamanan dan pengawalan kepala negara/kepala pemerintahan selama di Indonesia dalam kunjungan resmi kenegaraan, terdapat Grup C Pasukan Pengamanan Presiden Markas Besar TNI, yang dipimpin seorang kolonel.

“Untuk polisi, berada di ‘ring 3’ dalam pengamanan kunjungan itu dan kami habis-habisan, siap mengamankan mereka selama di Indonesia,” kata Karnavian, usai memberangkatkan peserta Napak Tilas mahasiswa STIK-PTIK, di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Senin.

Di Jakarta dan Bali, kata dia, dikerahkan masing-masing sekitar 1.000 polisi.