Delegasi Resmi Raja Arab Hanya 112, Tak Semua ke Istana Bogor

Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud/Foto: Reuters

Jakarta,Sayangi.Com– Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan bahwa Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud yang melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia pada 1-3 Maret, dan dilanjutkan dengan berlibur ke Bali pada 4-9 Maret 2017, akan membawa sekitar 1.500 rombongan, termasuk 10 menteri dan 25 pangeran.

Namun, menurut juru bicara Kementerian Luar Negeri Armanatha Nasir, delegasi resmi Raja Arab yang datanya diterima Kemenlu hanya berjumlah 112 orang, termasuk 19 pangeran dan tujuh pejabat setingkat menteri.

“Delegasi resmi yang kami terima hanya 112 orang, sedangkan delegasi pendukungnya kami tidak tahu jumlahnya,” kata Armanatha Nasir, di Jakarta, Selasa (28/2).

Menurut Tata, sapaan Armanatha Nasir, ada perbedaan antara delegasi resmi dan delegasi pendukung. Delegasi resmi adalah tim yang mendampingi Raja Salman dalam acara kenegaraan. Sedangkan delegasi pendukung mencakup keluarga, tim kesehatan, tim yang mengurusi logistik dan transportasi, tim kebudayaan, anggota dewan, dan para staf lainnya.

Karena itu, kata Tata, total rombongan Raja Salman termasuk dengan keluarga yang akan berlibur ke Bali, bisa mencapai 1.500 seperti yang dikatakan oleh Seskab Pramono Anung. Sebagian dari mereka sudah ada yang datang ke Jakarta, bahkan sudah ada tim advance yang datang lebih dulu ke Bali.

Dari 112 delegasi resmi Raja Arab Saudi itupun tidak semuanya akan diterima di Istana Bogor. Menurut Kepala Sekretariat Kantor Presiden, Darmansjah Djumala, delegasi Raja Salman yang akan mengikuti pertemuan bilateral berjumlah 36 orang. Itu sudah termasuk Raja Salman, para pangeran dan para pejabat setingkat menteri.

Selain 36 peserta pertemuan bilateral, kata Darmansjah, juga ada pendamping dari perangkat Kerajaan Arab Saudi sekitar 50 orang. Jadi total delegasi yang akan diterima di Istana Bogor sekitar 86 orang.