Mendagri Siap Lantik Plt Gubernur DKI Pengganti Ahok

Tjahjo Kumolo

Jatinangor, Sayangi.com – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyatakan akan melantik pelaksana tugas Gubernur DKI Jakarta pengganti Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Ini setelah Ahok dipastikan mengikuti putaran kedua Pilkada DKI 2017.

Pelantikan tersebut kata Tjahjo, kemungkinan dilaksanakan di Balai Kota, Senin (6/3) sore.

“Kemungkinan nanti sore jam 17.00 WIB di Balai Kota,” ujar Tjahjo seusai menjadi inspektur upacara di Institut Pemerintahan Dalam Negeri, Jatinangor, Senin (6/3/2017).

Langkah tersebut menurut Tjahjo dilakukan setelah Kementerian Dalam Negeri melakukan kroscek ke KPU DKI dan KPU Pusat mengenai kepastian pemberlakukan kampanye pada putaran kedua Pulkada DKI Jakarta.

Setelah memastikan KPU memberlakukan kampanye putaran kedua Pilkada DKI Jakarta, Kemendagri lantas mengacu pada Undang-Undang bahwa calon kepala daerah incumbent harus cuti.

Lalu siapa yang akan ditunjuk menjadi Plt Gubernur DKI? Tjahjo tidak mengungkap secara detil. Ia hanya menyebutkan bahwa pelaksana tugas tersebut bisa sama dengan saat cuti putaran pertama, yakni Soni Sumarsono, tetapi juga ada kemungkinan berbeda.

Pada Senin pagi, Tjahjo mengaku belum meneken surat penetapan Plt itu. Namun dia menyatakan Plt yang nantinya ditunjuk akan disampaikan dan dilantik di Balai Kota Senin sore.