Innalillahi Wa Innailaihi Rajiun, KH Hasyim Muzadi Meninggal Dunia

KH Hasyim Muzadi/Foto: sayangi.com

Jakarta, Sayangi.ComРKabar duka bagi warga Nahdlatul Ulama (NU) dan seluruh bangsa Indonesia. KH Hasyim Muzadi, mantan Ketua Umum PB NU, yang terakhir menjabat sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), meninggal dunia pada Kamis (16/3) pagi ini sekitar Pukul 06.15 WIB, di kediamannya, di Pondok Pesantren Al Hikam, Jl. Cengger Ayam, Malang.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyampaikan kabar duka ini melalui akun twitternya @lukmansaifuddin.

“Telah wafat KH. Hasyim Muzadi pagi ini. Mari doakan almarhum diampuni kesalahannya, diterima amal bajiknya, berada di sisiNya. Al-faatihah..” demikian cuitan Lukman Hakim, yang diunggah pada pukul 06.50 WIB.

Dalam wawancara dengan TVOne, yang mewawancarai via telephone, Lukman mengatakan, ia pertama kali menerima kabar duka ini dari sekretarisnya. Kemudian, ia sendiri melakukan konfirmasi antara lain kepada putra dan menantu almarhum KH Hasyim Muzadi. “Ternyata kabar itu betul, almarhum wafat sekitar pukul 06.15 WIB,” kata Lukman.

Jenazah KH Hasyim Muzadi rencananya ba’da dzuhur akan diterbangkan dari Malang ke ke pesantren Al Hikam Depok, dan dimakamkan setelah terlebih dahulu disalatkan di Masjid Al Hikam.

Seperti diketahui, KH Hasyim Muzadi menderita sakit sejak beberapa waktu lalu. Sejumlah pejabat negara telah menjenguk ke Malang, termasuk Presiden Joko Widodo.

Presiden Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo menjenguk KH Hasyim Muzadi, yang sedang beristirahat di kediamannya, di Pondok Pesantren Al Hikam, Jl. Cengger Ayam Malang, pada Rabu (15/3) kemarin.