Selamat Jalan KH Hasyim Muzadi, Tokoh Islam Yang Damai dan Toleran

Almarhum KH Hasyim Muzadi

Jakarta, Sayangi.Com– Sejumlah tokoh mengucapkan rasa duka cita dan kehilangan yang mendalam begitu mendengar kabar wafatnya KH Hasyim Muzadi pada Kamis (16/3) sekitar pukul 06.15 WIB, di Malang, Jawa Timur.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi yang juga Ketua Presidium Majelis Nasional KAHMI, Mahfud MD, melalui akun twitternya @mohmahfudmd, mengenang almarhum sebagai tokoh agama yang kalau berceramah kocak tapi tak sembarang melucu. Melucunya penuh makna substantif. Agama dihayatinya dengan damai dan toleran.

Menurut Mahfud MD, Kyai Hasyim Muzadi adalah tokoh yang bisa mencontohkan kepada kita bagaimana hidup dalam keindonesiaan dan keislaman yang damai dan berprinsip.

“Innaa lillaah wa inna ilaihi raji’un. KH Hayim Muzadi tlh wafat pg ini jam 6.15. Semoga mendapat surga-Nya. Kita pun akan lewat jln yg sama. Kematian bagi kita spt menunggu kereta2 lewat. Tinggal mau ikut yg skrang atau yg berikutnya atau yg berikutnya lagi,” demikian cuitan Mahfud MD, yang diunggah pada Kamis (16/3) pukul 07.30 WIB.

Kepada Sayangi.Com, Ketua Komisi II DPR RI Zainudin Amali, menyampaikan turut berduka cita yang sedalam-dalamnya atas berpulangnya KH Hasyim Muzadi.

“Kita kehilangan seorang tokoh bangsa yang punya pengetahuan agama yang luas, tokoh kultural NU serta pejuang hak asasi manusia, dan tokoh terkemuka yang selalu menghidupkan rasa keindonesiaan yang bertumpu pada Pancasila di tengah-tengah munculnya keinginan utk mencoba-coba ideologi lain. Semoga Allah SWT mengampuni segala khilaf dan salahnya semasa hidup serta menempatkan arwah Almarhum di tempat yang layak sesuai amal kebajikannya. Selamat Jalan Pak Kiyai,” kata Zainudin Amali.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, melalui akun Twitternya, juga menyatakan belasungkawa atas meninggalnya KH Hasyim Muzadi dan mengajak untuk mendoakan almarhum agar diampuni kesalahannya, diterima amal bajiknya, mendapat tempat yang layak di sisi-Nya.

Lukman meyakini, almarhum KH Hasyim Muzadi wafat dalam husnul Khotimah. “Al-faatihah..,” kata Lukman. melalui akun Twitternya @lukmansaifuddin.

Sementara itu, KH Mustofa Bisri atau akrab disapa Gus Mus, mengatakan bahwa bangsa Indonesia telah kehilangan lagi seorang tokoh.

“Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Kita kehilangan lagi seorang tokoh, mantan Ketua Umum PBNU KH Hasyim Muzadi,” ujar Gus Mus juga melalui akun Twitternya.

Menurut keterangan putra KH Hasyim Muzadi, Yusron Sidqi atau biasa disapa Gus Yusron, jenazah almarhum akan diberangkatkan ke Pesantren Al- Hikam Depok dari Malang setelah shalat dzuhur hari ini, dan dimakamkan setelah terlebih dahulu disalatkan di Masjid Al -Hikam.