Kesehatan Gigi Mencerminkan Organ Kejantanan

Kesehatan Gigi berkaitan erat dengan Mr.P
Kesehatan Gigi berkaitan erat dengan Mr.P. Foto Womens Health Magazine

Sayangi.com – Jika kaum Adam masih ingin menjadi laki-laki sejati, rajin-rajinlah menyikat gigi. Sebab, jarang menyikat gigi bukan hanya akan membuat gigi rusak, namun juga ada hubungannya dengan ketahanan Mr. P atau organ kejantanan Anda.

Dilansir dari Womens Health Magazine (22/03), sebuah penelitian di Taiwan menyimpulkan bahwa kesehatan gigi  ada hubungannya dengan ereksi. Dalam studi, diketahui 79 persen pria dengan disfungsi ereksi (ED) setelah didiagnosis, lebih mungkin berpenyakit periodontal kronis (CPD). CPD adalah infeksi yang terjadi ketika gusi menarik diri dari gigi dan memungkinkan bakteri menyebar ke tulang di sekitar gigi.

“Peradangan kronis yang disebabkan oleh penyakit gusi bisa merusak sel-sel endotel seorang pria yang membentuk lapisan pada semua pembuluh darah, termasuk pembuluh darah Mr. P. Kerusakan endotel bisa mengakibatkan aliran darah Mr. P terganggu dan menyebabkan organ kejantanan menjadi lemas,” kata urologi Larry Lipshultz, di laman Womens Health Magazine.

Apabila ada peradangan gigi yang sudah kronis, para peneliti menyarankan dilakukan pencabutan gigi agar bisa membantu menghilangkan peradangan. Dengan demikian, risiko disfungsi ereksi pun bisa dikurangi.

Bilamana penyakit peradangan gigi ini diketahui lebih awal, maka bisa diatasi dengan pengobatan yang sederhana. Untuk kasus peradangan awal, dokter gigi akan melakukan tindakan pembersihan mendalam. Orang-orang yang memiliki penyakit periodontal (CPD) di masa lalu lebih memungkinan untuk menderita CPD. Karenanya, penting untuk mengambil tindakan pencegahan dan memantau gejala sejak dini.

“Kebanyakan orang yang memiliki CPD tidak merasa sakit sampai di tahap lanjutan. Jadi, pastikan untuk mengunjungi dokter gigi jika Anda mengalami gusi bengkak, merah, gusi berdarah saat menyikat gigi, bau mulut, dan gigi longgar,” kata Sally J. Cram, consumer advisor di The American Dental Association (ADA).

CPD sebenarnya dapat dicegah dengan kebiasaan sehari hari. Pastikan menyikat gigi selama dua menit dengan frekuensi dua kali sehari dan gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride. Jangan lupa juga untuk melakukan floss dan pastikan diri Anda secara rutin melakukan pemeriksaan gigi ke dokter gigi.