Kiat Membedakan Madu Asli dan Madu Tiruan

Ilustrasi Madu. Foto oleh Wallpaper
Ilustrasi Madu. Foto oleh Wallpaper

Jakarta,Sayangi.com– Madu adalah cairan yang banyak mengandung zat gula dan rasanya sangat manis, banyak terdapat pada sarang lebah dan bunga. Madu memiliki banyak manfaat terutama untuk kesehatan tubuh. Madu mengandung banyak vitamin yang diperlukan oleh tubuh dan juga mengandung kalori untuk aktivitas tubuh. Madu dapat dijadikan sebagai antibiotik, dan berbagai obat dalam kesehatan tubuh.

Madu dapat diambil dari ternak lebah atau pun dari sarang lebah yang diperas. Setiap jenis lebah akan menghasilkan jenis dan kualitas madu yang berbeda pula. Indonesia mempunyai banyak jenis madu yang tersebar dari sabang sampai merauke.

Madu terbukti sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia. Semua genre ilmu kedokteran seperti ilmu kedokteran barat, timur maupun arab sangat menganjurkan madu untuk menjaga kesehatan ataupun membantu menyembuhkan penyakit. Tidak sedikit pengobatan tradisional pun merekomendasikan madu sebagai herbal.

Berbagai Kemasan Madu. Foto Container
Berbagai Kemasan Madu. Foto oleh Container

Sebelum membicarakan, cara membedakan madu asli atau tiruan, ada baiknya terlebih dahulu mengetahui ciri masing-masing jenis madu. Madu murni berasal dari fermentasi nektar bunga tanpa ada campuran apapun. Sedangkan madu tiruan berasal dari olahan yang pembuatannya melalui:

1.Pemalsuan kuantitas
Dilakukan dengan menambah volume madu asli dengan madu tiruan. Madu tiruan bisa di hasilkan dari campuran air dan gula jawa kemudian dicampur dengan madu asli sehingga volumenya bertambah.

2.Pemalsuan kualitas
Biasanya dilakukan dengan mengubah kadar air madu yang tadinya tinggi, lalu diturunkan dengan pemanasan sehingga kadar airnya menurun. Kalau sudah menurun kekentalan madu akan bertambah sehingga akan terlihat seperti madu asli

Pemalsuan menyeluruh
Yang membuat madu jenis ini bisa di katakan penipu tulen, karena madunya benar-benar berasal dari bahan pemanis buatan atau gula jawa sehingga tidak ada sama sekali unsur nectar bunga lebah.

Petani Madu Panen Foto Asbury
Petani Madu Panen.Foto oleh Asbury

Setelah mengetahui modus-modus pemalsuan madu , langkah berikutnya adalah kiat membedakan Madu Asli dan Madu Tiruan. Salah satu kiat dibawah ini bisa dilakukan untuk membedakan madu asli dan madu tiruan. Diantara kiat tersebut :

1.Menuangkan madu dalam air
Tuangkan madu ke dalam segelas air. Jika madu itu asli madu akan segera jatuh ke dalam gelas, sedang jika madu palsu cenderung akan menyebar dan membuat air keruh. Madu asli mempunyai daya koagulasi atau tarik-menarik kuat. Ini akan terlihat saat dituang madu asli tidak terputus. Sedangkan madu tiruan apabila dituang jatuhnya terputus-putus.

Untuk lebih memastikan, bisa juga dilakukan dengan cara mencampurkan madu dan air lalu diaduk. Biarkan selama 20 menit kemudian lihat hasilnya. Jika di dasar gelas ada endapan butiran halus, berwarna kekuningan tandanya madu asli. Endapan itu adalah bee polen atau tepung sari bunga. Namun jika warna endapan itu berwarna coklat, tipis kemungkinan madu tersebut tiruan, karena endapan kecoklatan biasanya ampas dari gula.

2.Madu Asli membentuk pola heksagonal
Mungkin ini cara ajaib untuk membedakan madu asli atau tiruan. Karena secara ilmiah memang bisa dibuktikan. Untuk melihatnya, teteskan beberapa tetes madu ke piring. Setelah itu tuangkan beberapa sendok air, lalu goyanglah beberapa kali. Jika madu itu asli, akan terlihat membentuk pola heksagonal atau pola rumah lebah. Jika madu itu tiruan tidak akan membentuk pola serupa.

3.Meneteskan di kertas
Teteskan madu ke permukaan kertas, bisa menggunakan kertas HVS atau kertas koran. Madu asli membutuhkan beberapa menit untuk menembusnya. Perlu di ketahui madu asli hanya mempunyai kadar air paling besar sebanyak 20%, karena itu sulit menembus pori-pori kertas. Sedangkan madu tiruan dalam beberapa detik akan menembus kertas,karena madu tiruan mempunyai kadar air yang banyak.

4.Menuangkan di atas kuning telur
Melalui telur ayam atau mentah madu murni dan madu tiruan bisa dibedakan. Caranya adalah dengan menuangkan madu ke atas kuning telur, jika madu tersebut asli, telur akan terlihat seperti matang. Proses pematangan tersebut, disebabkan karena madu mengandung asam. Telur mengandung protein apabila di campur dengan madu asli  akan menggumpal dan terlihat seperti matang.

5.Memanaskan madu
Panaskan madu ke dalam tungku dengan api yang tak terlalu besar. Saat akan mendidih madu asli akan membentuk gelembung-gelembung udara yang meletup-letup. Sedangkan madu tiruan, akan mengeluarkan buih. Buih adalah  ciri khas air yang bercampur gula ketika di panaskan.

Dari berbagai sumber.