Gemerlap Fashion 5 Ibu Negara

Ibu Negara Amerika. Foto.wiki Feet
Ibu Negara Amerika. Foto.wiki Feet

Jakarta.Sayangi.com-. Memiliki pendamping hidup sebagai kepala negara secara otomatis membuat mereka menjadi ibu negara atau first lady yang selalu menjadi magnit publik. Sosok ibu negara tak kalah berpengaruh dari kepala negara. Selain ikut melaksanakan tugas kenegaraan, mereka juga menjadi inspirasi banyak wanita di dunia tak terkecuali dalam hal berbusana. Berikut 5 Kehidupan first lady Fashion yang menjadi magnet dunia

1.Melanie Trumps

Melania Trump lahir di Slovenia (dulu bagian dari Yugoslavia) pada 1970 dari ayah seorang pemilik jaringan dealer otomotif dan ibu seorang desainer pakaian. Melanie adalah sosok yang sangat ambisius. Ia pertama kali terjun ke dunia model pada usia 17 ketika bertemu fotografer Stane Jerko.

Pada usia 18, Melanie menandatangani kontrak sebuah agensi model di Milan, Italia, dan mengubah nama belakangnya menjadi Klauss. Melania pernah berpose di depan fotografer fashion paling ikonik di dunia bisnis, seperti Patrick Demarchelier dan Mario Testino, untuk majalah bisnis sampai dengan Vogue. Melania adalah istri ketiga Donald Trumps, usia Ibu Negara ini nyaris seumuran dengan anak-anak tirinya.

Foto Melanie FirstLady Amerika. Foto iDesignArch

2. Rania Al-Abdullah

Rania Al Abdullah merupakan salah satu wanita muslim yang populer di dunia. Lahir di Kuwait. Wanita 44 tahun ini adalah istri Raja Abdullah II dari Yordania. Rania dikenal luas sebagai sosok perempuan dengan kecantikan berstandar artis internasional, namun tetap bersahaja, cerdas dan aktif melakukan kegiatan sosial serta peduli pada isu-isu pendidikan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat kecil.

Ketika rakyat beberapa negara Timur-tengah lain yang berbasis monarki atau kediktatoran ramai-ramai berontak menuntut demokrasi penuh, Yordania sejauh ini hanya mengalami sedikit guncangan aksi massa kecil saja. Itu pun tidak menyasar keluarga monarki.Kerajaan Yordania, walau tidak sekaya tetangganya Arab Saudi atau Uni Emirat Arab, bukanlah negara gagal macam Tunisia atau Yaman. Barangkali faktor terpenting yang membuat kondisi sosial-politik mereka tenang adalah karakter pemimpinnya yang mau turun ke bawah dan mengayomi. Mungkin faktor Rania adalah salah satu yang membikin rakyat Yordania agak rikuh untuk mendongkel rajanya.

Rania dikenal sebagai Ratu Yordania yang selalu memperjuangkan hak-hak perempuan memperjuangkan peningkatan kualitas pendidikan anak-anak Yordania, dan kontribusinya pada Millennium Development Goal (MDG). Aktifitas itu memberinya ganjaran sebagai salah satu dari 100 wanita paling berpengaruh di dunia versi majalah Forbes urutan 76 dalam top 100 wanita paling powerful tahun 2011. Dalam berpenampilan, ibu empat anak ini selalu terlihat elegan.

Ratu Rania dari Jordania. The-Royal-Order of Sartorial Splendor
Ratu Rania dari Jordania. The Royal Order of Sartorial Splendor

3. Jacqueline Kennedy.
Jacqueline Bouvier adalah nama saat dilahirkan . Jacqueline Kennedy dikenal sebagai ikon keanggunan dan high style Amerika. Ia berusia 24 tahun ketika ia menikah dengan Senator John F. Kennedy pada tahun 1953. Kennedy pada tahun 1960 terpilih sebagai presiden dan “Jackie” menjadi First Lady yang populer, dikenal karena kehidupannya yang elegan dan kisahnya yang menarik di Gedung Putih atau White House.

Jackie Kennedy berumur 31 tahun ketika ia menjadi First Lady Amerika. Ia menyelesaikan sekolahnya di Vassar dan Sorbonne tapi mendapatkan gelarnya dari Universitas George Washington. Ia dan John Kennedy memiliki dua anak, Caroline lahir pada tahun 1957. John Jr. lahir tahun 1960,anak ke tiganya, Patrick, dilahirkan pada 7 Agustus 1963 namun meninggal dua hari kemudian.

PADA masa hidupnya, Jacqueline Kennedy Onassis adalah seorang trendsetter di dunia fashion. Semasa mendampingi John F. Kennedy atau JFK, Jackie mencuri perhatian dengan gaun-gaun yang feminin, elegan, namun tetap menonjolkan individualitas. Aktivitasnya di berbagai jamuan kenegaraan bersesuaian dengan gaya berbusananya. PADA masa hidupnya, Jacqueline Kennedy adalah seorang trendsetter di dunia fashion.

Kacamata superbesar seolah bagian dari penampilannya yang tak terpisahkan. Gaya ini pun menjadi trademark yang selalu dihubungkan dengan Jackie. masih memilih kacamata dengan gaya yang sama hingga kematiannya pada 19 Mei 1994.
Kepopulerannya membuat ia kerap dikejar-kejar paparazzi. Kacamata super besar amat berguna untuk mengelak kejaran yang tak ada habisnya itu. Bahkan ia disebut-sebut tidak kalah populer dengan sang suami yang mati ditembak saat sedang menjabat jadi presiden.

Jacqueline Kennedy. Foto PinkVilla
Jacqueline Kennedy. Foto PinkVilla

4. Lady Diana

Diana selalu menjadi sorotan publik karena memiliki paras cantik dengan tubuh menjulang yang langsing. Sejak menikah dengan Pangeran Charles sampai akhir hayatnya, ia selalu menjadi wanita yang selalu mampu merebut perhatian dunia.

Putri dari Wales (Diana Frances Mountbatten-Windsor; alias Lady Diana Spencer; lahir 1 Juli 1961 – meninggal 31 Agustus 1997 pada umur 36 tahun) merupakan istri pertama dari Charles, Pangeran Wales, anak sulung dari Ratu Elizabeth II dan juga merupakan pewaris takhta kerajaan Britania Raya dan 15 negara . Diana selalu menjadi sorotan publik karena memiliki paras cantik dengan tubuh menjulang yang langsing. Sejak menikah dengan Pangeran Charles sampai akhir hayatnya, ia selalu menjadi wanita yang selalu mampu merebut perhatian dunia.

Lady Diana Spencer menikah dengan Pangeran Charles, Pada 29 Juli 1981, saat usianya baru 20 tahun dalam sebuah perhelatan mewah bak kisah negeri dongeng. Kenyataan tak seindah mimpi-mimpi romantis Ibu dari Pangeran William dan Pangeran Harry. Suami Diana pangeran Charles yang menikahinya ternyata punya hubungan gelap dengan seorang wanita dari masa lalunya: Camilla Parker Bowles.

Bahkan setahun setelah pernikahannya, Diana dilaporkan mencoba bunuh diri karena mencurigai hubungan gelap Charles dan Camilla. Pada kunjungan tahun 1985 di sebuah rumah sakit di London, Diana sempat keceplosan. “Penyakit paling parah di dunia dialami orang-orang yang merasa tak dicintai.”

31 Agustus 1997, dunia gempar dengan kematian Princess of Wales  Diana. Kecelakaan mobil tragis di Paris merenggut nyawanya, saat tengah menghindari kejaran juru foto yang terus memburu gambar dirinya, pasca berpisah dengan pewaris tahta kerajaan Inggris, Pangeran Charles. Dalam kecelakaan yang merenggut nyawanya itu, ia sedang bersama sang kekasih,Dodi Al Fayed. Dalam kecelakaan tersebut Dodi Al Fayed yang juga meregang nyawa.

Puteri Diana. Foto oleh Daily Express
Puteri Diana. Foto oleh Daily Express

5. Michelle Obama

Mantan Ibu Negara Amerika ini selalu tampil elegan penuh sofistikasi dalam tiap penampilannya di depan publik. Michelle ibu dari dua anak ini kerap tampil dalam balutan gaun desainer seperti Vera Wang, Zac Posen, Jason Wu dan masih banyak lagi. Ia juga dikenal sebagai ibu negara yang memperhatikan perkembangan industri fashion di Amerika.

Selera berbusana Michelle yang unik membuat dia mendapat penghargaan dari Dewan Perancang Busana Amerika (CFDA) 2009. Presiden CFDA, Diane Von Furstenberg mengungkapkan kalau penghargaan tersebut diberikan kepada Michelle karena ia memiliki penampilan yang unik dan seimbang. Penampilan Michelle merepresentasikan dirinya yang elegan, aktif, mandiri, keibuan dan cermin wanita modern.

Mantan Ibu Negara Amerika ini, lahir dengan nama Michelle LaVaughn Robinson di Chicago, Illinois, Amerika Serikat, 17 Januari 1964. Keluarganya berasal dari etnis Afrika-Amerika. Michelle mengawali karir sebagai pegawai pada firma hukum Sidley Austin yang bertugas di bidang pemasaran dan properti intelektual. Setelah itu, Michelle tercatat sebagai asisten wali kota Chicago, Richard M Daley. Michelle juga menjadi wakil presiden untuk hubungan eksternal dan komunitas rumah sakit Universitas Chicago dan lulus dari fakultas hukum setelah meraih gelar sarjana sosiologi dari Universitas Princeton.

Pertemuan awal Michelle dengan Barack Obama terjadi di kantor Harvard. Saat itu Michelle mendapatkan pekerjaan sebagai pengacara untuk merk dagang dan hak cipta perusahaan Sidleu Austin di Chicago. Saat itu  Obama juga sedang magang di kantor tersebut.

Michelle Obama. Foto oleh Mirror
Michelle Obama. Foto oleh Mirror

Dari Berbagai Sumber