Lokasi Wisata Kuliner di Asia

Ilustrasi Kuliner Asia. Foto Esquire
Ilustrasi Kuliner Asia. Foto Esquire

Jakarta,Sayangi.com- Negara Asia adalah surga makanan lezat yang mengenyangkan. Tambahkan agenda wisata kuliner ke dalam rencana liburan. Dalam anekdot dikatakan makanan adalah salah satu medium perkenalan yang paling ramah bagi orang asing. Ketika berwisata keliling Asia jangan ragu mencicipi aneka macam sajian kuliner yang belum pernah dicoba. Berikut, delapan rekomendasi destinasi wisata kuliner di Asia.

1.TOKYO
Sebanyak lebih dari 200 restoran berpredikat unggul berada di kota terpadat di dunia ini. Selain perkembangan ranah kuliner modern yang kian berkembang pesat, Tokyo juga tidak melupakan akar budayanya dengan tetap melestarikan cukup banyak tempat makan tradisional khas Jepang. Salah satu warisan kuliner yang wajib Anda coba ketika berkunjung ke ibukota negeri matahari terbit ini adalah Sukiyabashi Jiro. Tempat ini adalah restoran sushi berpredikat tiga bintang Michelin yang telah eksis selama hampir setengah abad lamanya.

 Foto The Tokyo Times
Foto The Tokyo Times

2.TAIPEI, TAIWAN
Taiwan, dan Taipei khususnya, merupakan surga bagi jajanan kaki lima yang lezat. Pernah mendengar flat crispy chicken berjuluk Shihlin? Taipei adalah kota asal makanan populer tersebut. Selain snack dan aneka kudapan lezat, pasar malam di kota Taipei juga banyak menyajikan makanan berat, seperti aneka dimsum hingga nasi ayam yang legendaris.

Fried Chicken Bread Foto Jurnal star
Fried Chicken Bread.Foto Jurnal star

3.HONGKONG
Hong Kong adalah wujud nyata percampuran antara barat dan timur. Di balik megahnya deretan gedung-gedung pencakar langit, Hong Kong menyimpan kekayaan kuliner lezat yang tidak ada tandingannya di dunia. Beberapa ragam kuliner terkenal dari kota metropolis ini adalah angsa panggang, egg tart, aneka sate seafood, teh hitam, dan tentu saja aneka jenis dim sum. Kawasan jajan kuliner yang wajib Anda kunjungi adalah Mong Kok, Temple Market, dan Wan.

Foto Pinterest
Foto Pinterest

4. SINGAPURA
Negara kota yang bertetangga sangat dekat dengan Indonesia ini memiliki peleburan sempurna antara kuliner Melayu, Peranakan, dan India. Bahkan baberapa chef kenamaan dunia, seperti Anthony Bourdain dan Gordon Ramsay, sepakat menyebut Singapura sebagai surga makanan lezat di Asia Tenggara. Selain kawasan Clarke Quay yang tersohor, Anda juga dapat mencicipi aneka makanan kaki lima yang lezat di kawasan Char Kway Teow, Yong To Fu, Bak Kut Teh.

Foto Godesti
Foto Godesti

5. PENANG MALAYSIA
Penang adalah surga bagi para pecinta makanan tradisional Melayu, Tiongkok, dan India. Teknik memasaknya juga masih menggunakan cara tradisional. Di tempat inilah terdapat banyak makanan goreng yang lezat serta variasi sop seperti bebek dan daging babi. Selain itu, jangan lupa juga untuk mencicipi dua menu khas setempat, yakni nasi lemak dan laksa penang.

Foto Mua sam online
Foto Mua sam online

6.HO CHIN MINH CITY, VIETNAM
Lebih dari sekadar kampung halaman sup pho, Ho Chi Minh City juga terkenal dengan beragam menu fusion antara ragam kuliner setempat dan kolonia Prancis, seperti yang paling terkenal adalah banh mi atau sandwich khas Vietnam. Cobalah Banh Mi Huynh Hoa sebagai awal pertama sebelum mencoba menu lain di Cuc Gach Quan yang berlokasi di French Colonial Home.

Foto www.takepart.com
Foto www.takepart.com

7. BANGKOK
Jajanan kaki lima dan Bangkok adalah satu keterkaitan yang melekat kuat di persepsi banyak wisatawan dunia. Selain pad thai dan ketan mangga, Bangkok juga memiliki beragam sajian kuliner khas lainnya yang sayang untuk dilewatkan. Bahkan, jika bernyali besar, kami sarankan untuk mencoba aneka rupa snack serangga.

Foto www.pinterest
Foto www.pinterest

8.MUMBAI INDIA
Kota terbesar di India ini belakangan banyak menghadirkan kawasan wisata kuliner yang digarap dengan serius oleh pemerintah setempat. Kawasan selatan kota ini dikenal memiliki banyak taman serta jalanan yang dipenuhi oleh destinasi kuliner lezat, baik kaki lima maupun restoran. Beberapa sajian lezat yang pantang untuk dilewatkan adalah pav bhaaji (roti mentega dengan kari sayur), panipuri (bola kentang goreng), dan dosas (pancake khas Mumbai).

Foto Brampton Authentic Indian Food
Foto Brampton Authentic Indian Food

Dari berbagai sumber