Manfaat Jahe Bagi Kesehatan dan Penderita Diabetes

Foto Pak Tani
Foto Pak Tani

Jakarta,Sayangi.com. Jakarta,Sayangi.com- Tanaman Jahe yang merupakan rempah dijadikan bumbu masak bagi kesehatan tubuh manusia karena kandungan senyawa berupa minyak atsiri yang salah satu khasiatnya adalah memberi kehangatan pada tubuh saat cuaca dingin di malam hari.

Jahe (Zingiber officinale) adalah salah satu rempah berbentuk rimpan yang mudah ditemui di pasar tradisional Indonesia dengan berbagai varietas seperti:

Jahe Gajah: Dinamakan seperti demikian karena bentuk rimpang yang besar namun rasa yang dihasilkan tidak terlalu pedas layaknya jahe jenis lain. Daging jahe berwarna kuning hingga putih. Jahe gajah atau jahe badan merupakan varian jahe yang banyak diminati oleh masyarakat dunia.

Jahe Kuning: Merupakan jenis jahe yang lebih sering dijadikan bumbu masakan untuk masyarakat lokal. Hasil masakan yang diberi bumbu jahe akan memberikan aroma dan rasa yang cukup tajam. Ukuran rimpang lebih kecil dibanding jahe gajah dan memiliki warna kuning.

Jahe Merah: Jahe jenis ini menyimpan kandungan minyak atsiri paling banyak dibanding jenis lain, karena rasanya yang pedas dari jahe merah banyak digunakan sebagai bahan dasar pembuatan jamu dan obat. Rimpang berukuran paling kecil dengan balutan kulit berwarna merah serta menyimpan serat yang lebih banyak dibanding jahe biasa.

Foto Healty Life trick
Foto Healty Life trick

Khasiat Jahe Untuk Kesehatan

Tanaman jahe yang telah dibersihkan juga sering dikonsumsi bapak-bapak dalam bentuk air seduhan untuk menghangatkan tubuh, misalnya ketika mendapat tugas ronda di kampung. Dari situ banyak industri yang meneliti lebih jauh tentang jahe agar bisa dikemas berbentuk produk seperti kopi jahe atau wedang jahe bermerek.

Pada akhirnya para ahli pengobatan tradisional ikut melakukan serangkaian riset terhadap rimpang ini sebagai tumbuhan obat karena mendengar banyaknya khasiat dibalik rasa pedas jahe bagi kesehatan. Dan terbukti akan manfaat jahe untuk menangani banyak penyakit.

Berikut ini merupakan bahasan mengenai manfaat jahe selain menghangatkan tubuh:

1.Menurunkan berat badan
Di dalam tubuh jahe berfungsi untuk melebarkan pembuluh darah menjadi panas tubuh. Di lain sisi TOGA ini hanya menyumbang sedikit kalori sehingga tidak mempunyai andil besar untuk menaikkan berat badan.

2.Menjaga kondisi jantun
Jika tubuh menyimpan banyak kolesterol dan minyak yang merupakan susunan dari lemak nabati dan hewani dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Hubungannya dengan manfaat jahe karena di dalam tubuh memegang sebuah peran sebagai penurun kadar trigliserida dan kolesterol yang berlebih dalam tubuh.

3.Mengatasi mabuk perjalanan
Dengan minum wedang jahe sebelum bepergian jauh dengan menaiki kendaraan roda empat dapat mencegah mabuk perjalanan karena sifat-nya sebagai anti-mual.

4.Mengatasi gangguan pencernaan
Gangguan kesehatan yang menyerang sistem pencernaan seperti kram dan rasa sakit yang timbul menjelang haid dapat ditepis dengan minum air jahe secara rutin.

5.Mengatasi morning sickness
Ibu hamil terkadang mengalami mual pagi atau istilah populernya morning sickness karena pencernaan sedikit terganggu. Untuk mengurangi rasa mual tersebut Anda bisa minum kopi atau wedang jahe yang hangat setiap kali merasakan mual ketika bangun tidur.

6.Mencegah kanker usus
Salah satu universitas yang terdapat di Amerika Serikat mengabarkan bahwa rutin konsumsi makanan atau minuman yang berbahan dasar jahe dapat mencegah penyakit kanker koloretal (usus besar).

7.Mengobati sakit kepala
Seharian bekerja dapat memicu stres berlebih yang berisiko terserang penyakit lain. Maka dari itu sepulang ngantor coba santai di taman sambil menikmati hangatnya wedang jahe dan roti bakar, otak jadi lebih fresh dan tubuh terasa nyaman.

8.Mengobati alergi
Manfaat jahe sebagai anti-alergi, sebab di dalamnya terdapat kandungan senyawa yang efektif dalam mengurangi rasa gatal akibat alergi sekaligus mengobatinya.

Foto StyleCraze
Foto StyleCraze

9.Menghilangkan mual dan mengobati masuk angin
Masalah pada pencernaan terkadang membuat perut jadi mual ingin muntah, kondisi demikian juga kerap terjadi pada seseorang yang mengalami demam (masuk angin). Sebagai pertolongan pertama jangan langsung gunakan obat warung, cobalah minum air seduhan rimpang jahe agar lambung menjadi nyaman dan perut terhindar dari masalah seperti kram.

10.Mengobati penyakit rematik
Caranya dengan membakar dua rimpang jahe di atas api panas atau bara. Setelah itu tumbuk sampai halus, terakhir Anda aplikasikan pada bagian tubuh yang terkena rematik. Itulah manfaat jahe untuk mengobati rematik.

11.Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Tubuh akan kebal dari serangan penyakit, caranya dengan meningkatkan sistem dalam tubuh yang sering disebut imun atau imunitas. Jika antiobodi (imun) dalam tubuh kuat, maka bakteri yang mungkin menyerang dapat ditangkal. Untuk menambah sistem ketahanan tubuh Anda bisa mengambil minum wedang jahe secara teratur, manfaat jahe yang satu ini terbantu dengan sifat sebagai antioksidan.

Air Jahe Foto Organic India
Air Jahe Foto Organic India

Jahe dan Pengobatan Diabetes

Jahe merupakan rempah-rempah yang memiliki banyak senyawa aktif penting, seperti gingerone, gingerol, paradol dan shagaol. Pada penelitian, peneliti menemukan gingerol menjadi yang paling efektif untuk meningkatkan penyerapan glukosa.Penelitian terbaru menunjukkan jahe dapat mengelola tingkat gula darah yang tinggi yang menjadi penyebab komplikasi jangka panjang para penderita diabetes. Peneliti dari Shahid Sadoughi University of Medical Sciences in Yazd, Iran dilansir dari prevention(10/4/2014) mengungkapkan bahwa jahe memiliki kekuatan untuk mengontrol kadar glukosa darah dalam tubuh menggunakan bantuan sel-sel otot, bukannya insulin.

Kadar gula darah yang tinggi akan meningkatkan kadar protein yang menyebabkan peradangan, meningkatkan risiko penyakit jantung dan penyakit ginjal. Penelitian di Inggris menunjukkan peradangan merupakan penyebab utama diabetes tipe 2.

Gingerol berperan sebagai senyawa anti peradangan dan dapat meningkatkan penyerapan glukosa. Senyawa ini juga meningkatkan distribusi protein GLUT4 yang muncul pada permukaan sel-sel otot rangka dan memungkinkan penyebaran glukosa ke dalam sel.Pastikan untuk memberitahu dokter bila menambahkan jahe untuk pengobatan,dan memantau kadar gula darah secara teratur.

Dari Berbagai Sumber

Foto Pak Tani