Kapolri Hadiri HUT Polisi Malaysia ke-210 di Kuala Lumpur

Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

Kuala Lumpur, Sayangi.com – Kapolri Jendral Tito Karnavian turut menghadiri upacara Hari Polisi Malaysia (Polisi Diraja Malaysia) ke-210 yang berlangsung di Dataran Kawad Pulapol Jalan Semarak Kuala Lumpur, Sabtu.

Upacara yang dihadiri Perdana Menteri Malaysia, Dato Sri Najib Razak, Wakil Perdana Menteri, Zahid Hamidi dan Kepala Polisi Diraja Malaysia, Irjen Tan Sri Dato Sri Khalid Abu Bakar turut dihadiri perwakilan kepolisian dari ASEAN dan Srilangka.

Tito yang didampingi istrinya, Tri Suswati Karnavian serta sejumlah jajarannya seperti Kabaharkam Komjen Eko Putut Bayuseno, Kadiv Hubinter Irjen Saiful Maltha, dan Kadiv Humas Polri Irjen Boy Rafli Amar. Beberapa kepala polisi negara lain yaitu Kepala Polisi Thailand, Chaktip Chaijinda, dan Kepala Polisi Srilangka Pujith Jayasunda juga hadir.

Perdana Menteri Dato Sri Najib Razak dalam sambutannya mengatakan sejarah telah menunjukkan kalau jasa Polisi Diraja Malaysia (PDRM) sangat besar sekali terhadap rakyat sehingga perlu diperingati.

“Mereka rela mengorbankan diri demi keamanan bangsa dan negara. Kita ingat peristiwa di Balai Polisi Kepong kemudian peristiwa di Lahat Datu dimana PDRM dan telah mempertahankan Sabah dari pencoroboh dan durjana,” katanya seperti dikutip kantor berita Antara.

Karena itu, ujar Najib, dirinya sedih kalau ada pihak yang membuat cerita palsu yang memojokkan polisi.

“Kerajaan (pemerintah) akan berdiri teguh di belakang PDRM,” katanya.

Pada kesempatan tersebut Najib juga menjelaskan kondisi ekonomi Malaysia yang menghadapi tantangan ekonomi global dan sejumlah terobosan yang sudah dilakukannya.

“Kita sudah mendirikan zone ekonomi digital yang mampu mewujudkan pekerjaan baru, lawatan Raja Salman juga membawa investasi Aramco ke Malaysia,” katanya.

Sebagai pelancong, ujar dia, mereka tidak akan melancong kalau keamanan dan keselamatan negara tidak terjamin seperti Mesir dan Tunisia yang sekarang lumpuh yang selama ini mengandalkan wisata.

Tito mengatakan hubungan Polri dengan Polisi Diraja Malaysia (PDRM) selama ini berjalan baik dalam menghadapi kejahatan lintas negara. Kejahatan lintas negara itu seperti terorisme, narkoba, dan lainnya.

“PDRM dan Polri mempunyai hubungan yang sangat baik. Hubungan ini menjadikan Indonesia dan PDRM mempunyai keharmonisan dalam melaksanakan tugas menjamin keamanan regional di kedua negara terutama dalam menghadapi kejahatan lintas negara seperti kejahatan Narkotika, tarorisme dan radikalisme, perampokan di batas wilayah perarian dan lainnya,” ujar Tito.

Sementara itu siang harinya Kapolri melakukan courtesy call dengan Kepala Polisi Diraja Malaysia, Irjen Tan Sri Dato Sri Khalid Abu Bakar di Putrajaya.

Pada kesempatan tersebut bakal diserahkan penghargaan kepada sejumlah polisi di Indonesia. Laman TribrataNews menyebutkan, penghargaan diberikan kepada personil Polri yang berhasil membebaskan warga negara Malaysia dari penculikan beberapa waktu lalu.

Mereka yang mendapatkan penghargaan adalah Kombes Polisi Herry Heriawan SIK MH, Ajun Kombes Pol Raden Bagoes Wibisono SIK, Ajun Komisaris Polisi Malvino Edward SH SIK, Kompol Teguh Nugroho SH SIK MIK, Ajun Kompol Chrisman Panjaitan, Ajun Kombes Pol Jery Raymond Siagian SIK MSI, Ajun Kombes Pol Dedy Murti SIK MSI, Kompol Ari Cahya, Ajun Kombes Pol Aris Supriyono SIK MSI, Kombes Pol Helmy Santika SIK MSI, Ajun Kompol Rivan Richard SIK MSI

Kemudian malam harinya Kapolri dijadwalkan bertemu dengan WNI yang tergabung dalam Diaspora Indonesia.