Bahaya Dari Smoothing Dan Rebonding

Ilustrasi Rambut Rebonding atau Smoothing. Foto Rambut Model
Ilustrasi Rambut Rebonding atau Smoothing. Foto Rambut Model

Jakarta,Sayangi.com– Rambut sebagai mahkota wanita memang mempunyai peranan penting dalam penampilannya. Dahulunya wanita akan tampil cantik dengan jenis rambut apapun. Sejak stereotip masyarakat bergeser menganggap rambut lurus menjadi rambut idaman setiap wanita, cara istan bagi wanita yang memiliki rambut ikal ataupun keriting, adalah dengan Rebonding atau Smoothing

Proses perubahan rambut tersebut menjadi marak dilakukan para wanita, sejak stereotip masyarakat bergeser menganggap rambut lurus menjadi rambut idaman setiap wanita. Yang penting rambut bisa urus dan rapi, bisa bikin tambah percaya diri. Metode apa yang akan digunakan seolah tertutup oleh keinginan berambut lurus. Yang terpenting setelah Rebonding atau Smoothing penampilan terlihat memukau dan menarik.

Foto oleh Hair Botox Treatment
Foto oleh Hair Botox Treatment

Rebonding atau Smoothing selain biaya yang cukup mahal, pelurusan ini bisa memicu kerusakan rambut dan efek samping yang super menakutkan. Dilansir dari Femina (13/9/2016) Rebonding atau Smoothing adalah proses menempelkan bahan kimia yang menyeramkan ke setiap helaian rambut sehingga struktur rambut berubah.

Resiko resiko yang mungkin akan muncul saat Rebonding atau Smoothing

1.Resiko Alergi
Efek bahaya dari Rebonding atau Smoothing juga bisa menimbulkan alergi pada kulit kepala. Bentuk alergi tersebut disebabkan oleh kandungan kimianya. Salah satu cairan obat tersebut merupakan adalah bahan yang digunakan sebagai bahan pembuatan kertas, resin urea, dan juga sebagai pengawet tissue.

Dengan demikian bahan kimia yang seharusnya tidak digunakan pada tubuh manusia. Bagi sebagian orang, bahan tersebut tidak cocok dengan kondisi kulitnya sehingga menimbulkan ketombe, gatal-gatal, iritasi dan sebagainya.

Alergi akibat obat pelurusan rambut. Foto Image
Alergi akibat obat pelurusan rambut. Foto Image

2.Meningkatnya Resiko Terkena Penyakit Kanker
Metode meluruskan rambut melalui proses Rebonding dan Smoothing tentunya menggunakan obat-obatan atau bahan kimia. Bahan kimia yang diketahui terlarut pada cairan obat Rebonding dan Smoothing mengandung karsinogen yang menjadi sel awal mula sebuah kanker. Efek berbahaya cairan obat tersebut juga menghasilkan mutagen yang menyerang serta mengganggu kenormalan bahan genetic yang terjadi pada setiap sel.

Bahan kimia yang terkandung dalam cairan Rebonding dan Smoothing tidak hanya mengandung karsinogen. Cairan obat tersebut juga mengandung formalin yaitu Formaldehyde dehydrogenase yang berperan dalam timbulnya penyakit kanker paru-paru, kanser otak dan leukemia.

Sel kanker Foto abc.net.au
Sel kanker Foto abc.net.au

3.Pendarahan Pada Hidung
Beberapa kasus ditemukan penggunaan Rebonding dan Smoothing dapat mengakibatkan pendarahan pada hidung karena penggunaan bahan kimia yang sangat berbahaya. Hal tersebut diakibatkan bau cairan obat Rebonding dan Smoothing sangat menyengat. Disisi lain cairan obat Rebonding dan Smoothing sangat mudah larut dalam air.

Selain itu cairan obat Rebonding dan Smoothing sifatnya mudah menguap jika terkena suhu panas seperti hairdryer ataupun catok rambut. Bahan kimia tersebut tentunya berbahaya jika dihirup alat pernafasan secara terus menerus. Dengan mengetahui akibat apa saja yang ditimbulkan dari melakukan pelurusan rambut melalui Rebonding atau Smoothing.

Ilustrasi Foto The Fit Indian
Ilustrasi Foto The Fit Indian

4.Kerusakan Pada Rambut
Sisi negative dari Rebonding atau Smoothing adalah timbulnya masalah pada rambut anda setelah di Rebonding atau di Smoothing. Salah satu masalah rambut yang muncul adalah rambut menjadi lebih bervolume dengan terasa lebih kaku.

Selain itu rambut yang rusak akibat dari efek berbahaya dari Rebonding atau Smoothing juga mengalami rambut rontok dan bercabang. Hal tersebut dapat terjadi akibat dari panasnya listrik pada alat catok membuat pertumbuhan rambut menjadi rusak dan pertumbuhan rambut menjadi terhambat. Selain itu peredaran nutrisi zat pada rambut juga menjadi terhambat.

Foto Beranda
Foto Beranda

Membuat rambut menjadi cantik dengan cara meluruskan rambut memang sangat penting bagi sebagian orang terkhusus untuk wanita. Dengan biaya yang tidak murah Rebonding atau Smoothing hanya akan dinikmati keindahannya selama paling tidak 4 bulan. Namun jauh lebih penting adalah kesehatan rambut dan kulit kepala.

Ilustrasi Rambut Kribo Juga Keren. Foto AliExpres
Ilustrasi Rambut Kribo Juga Bisa Cantik. Foto AliExpres