Google Rayakan Kelahiran Ibu Soed ke-109

Gambar Ibu Soed di halaman utama Google pada 26 Maret 2017

Jakarta, Sayangi.Com– Google Indonesia hari ini menampilkan gambar perempuan berkacamata mengenakan kebaya, dengan mikrofon di depannya seakan sedang bernyanyi, dan tiga orang anak yang mendengarkannya dengan seksama.

Perempuan berkacamata itu adalah Saridjah Niung Bintang Soedibjo, populer dengan panggilan Ibu Soed, yang merupakan empu lagu anak-anak Indonesia. Saridjah Niung lahir di Kota Sukabumi pada 26 Maret 1908 dan wafat di Jakarta pada 1993 dalam usia 85 tahun.

Google merayakan hari kelahiran Ibu Soed ke-109 sebagai penghargaan atas dedikasi almarhumah kepada musik Indonesia, khususnya dalam menciptakan lagu bagi anak-anak Indonesia.

Dikutip dari laman wikipedia.org, Saridjah Niung belajar seni suara dan musik di Hoogere Kweek School Bandung dan semasa muda menjadi pengajar di HIS (Hollandsch Inlandsche School) di Petojo dan Jalan Kartini, Jakarta. Setelah menikah dengan Raden Bintang Soedibjo, ia lebih dikenal dengan nama Ibu Soed.

Ibu Soed mendapat penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai pencipta lagu anak-anak terbanyak. Ada 480 lagu anak-anak yang ia ciptakan, antara lain Burung Kutilang, Hai Becak, Naik-naik ke Puncak Gunung, Desaku, Tik-Tik Bunyi Hujan, dan Naik Delman. Beberapa lagu ciptaannya menjadi lagu wajib nasional, seperti Tanah Airku dan Berkibarlah Benderaku.

Sebagai pemusik, bersama W.R. Supratman, Ibu Soed turut mengiringi “Indonesia Raya” saat lagu itu dikumandangkan kali pertama dalam acara Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928.