Manfaat Minum Kopi Sebelum Olahraga

Ilustrasi Kopi.Foto Beautiful Healthy Lifestyle
Ilustrasi Kopi.Foto Beautiful Healthy Lifestyle

Jakarta, Sayangi.com-.Kopi biasanya menjadi minuman pembuka di pagi.Beberapa atlet profesional punya kebiasaan minum kopi sebelum bertanding. Bagi yang terbiasa melakukannya, kopi memang menyimpan manfaat yang bisa mendongkrak performa saat olahraga.

Bagi yang tidak terbiasa, minum kopi memang bisa memunculkan sejumlah keluhan. Di antaranya perut terasa tidak nyaman karena lambung memproduksi gas berlebihan. Juga pada beberapa orang, kopi bisa memicu beser atau sering buang air kecil. Kadang, jantung juga berdebar-debar setelah minum kopi. Orang-orang yang punya masalah dengan jantung dan sistem peredaran darah, memang harus berhati-hati saat mengonsumsi kopi.

Namun bagi mereka yang cukup sehat, efek stimulansia dari kafein yang memacu kerja jantung tersebut sekaligus menjadi salah satu yang bisa dimanfaatkan saat berolahraga. Kafein yang dikonsumsi sebelum berolahraga bisa menawarkan manfaat kesehatan. Dilansir dari Boldsky (12/1) Berikut beberapa kegunaan minum kopi bagi tubuh sebagai pendamping sebelum berolahraga. Manfaat dan kegunaan minum kopi sebelum berolah raga adalah:

Foto oleh Breaktime.com
Foto oleh Breaktime.com

1.Mempercepat Pembakaran Lemak
Penelitian lain menunjukan bahwa kafein dapat meningkatkan pembakaran lemak sebesar 10% pada orang yang menderita obesitas dan 29% pada orang yang tidak obesitas.Hampir semua supplemen pembakar lemak yang dijual secara komersial ternyata mengandung kafein.

Mengonsumsi kopi sebelum olahraga bisa membuat sel-sel lemak yang ada di dalam tubuh akan berfungsi sebagai sumber energi melawan glikogen. Jumlah kafein yang tinggi dalam kopi hitam juga meningkatkan metabolisme, yaitu membuat pembakaran kalori lebih banyak. Selain itu, kafein dan senyawa lain yang ditemukan di dalam kopi mampu menekan nafsu makan. Kafein merupakan salah satu dari sedikit zat alami yang terbukti membantu pembakaran lemak. Beberapa hasil penelitian menunjukan bahwa kafein dapat meningkatkan proses metabolisme sebesar 3-11%.

2.Meningkatkan Sirkulasi Darah
Studi terakhir menunjukkan bahwa kopi dapat mendukung sistem sirkulasi darah. Seperti diketahui, sirkulasi darah yang baik dapat membuat olahraga lebih baik lagi karena peredaran oksigen lancar.

Foto National Geographic Indonesia
Foto National Geographic Indonesia

3.Mengurangi Nyeri
Para ilmuwan di University of Illinois menemukan bahwa mengonsumsi kopi berkafein, dua hingga tiga cangkir satu jam sebelum olahraga intensitas tinggi dapat mengurangi nyeri otot setelah olahraga. Ini menunjukkan bahwa kafein mampu mendorong ketahanan otot dan mengurangi ketegangan di otot.

Dibanding mengonsumsi karbohidrat saja, kombinasi antara karbohidrat dan kafein menghasilkan peningkatan 66% pada glikogen otot empat jam setelah olahraga. Glikogen merupakan bentuk karbohidrat yang disimpan di dalam otot yang berfungsi sebagai energi cadangan selama dilakukannya olahraga, yang dapat menyuplai energi.

Kafein juga memiliki sifat antioksidan yang mampu mempertahankan keremajaan otot dan menghindari penuaan berlebih pada otot, sehingga otot lebih bugar dan terhindar risiko cedera setelah berolahraga. Hal ini dibuktikan dengan adanya efek protektif, kedua otot diafragma dan otot rangka yang digunakan untuk bernapas.