Wow, Polisi Temukan Deposito Senilai Ratusan Miliar dari Koperasi Komura

Brigjen Pol Agung Setya
Brigjen Pol Agung Setya

Jakarta, Sayangi.com – Direktur Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Polri Brigadir Jenderal Polisi Agung Setya mengatakan, pihak Polri telah melakukan penggeledahan di kantor Koperasi Samudra Sejahtera (Komura) di Palaran, Samarinda. Dalam penggeledahan tersebut Polri menemukan beberapa dokumen deposito yang bernilai fantastis.

“Penyidik menemukan beberapa dokumen penempatan deposito di berbagai Bank dengan nilai deposito yang bervariasi antara 5 miliar hingga 20 miliar. Apabila ditotal deposito tersebut sebesar 326 Milyar,” ujar Agung dalam keterangan tertulisnya, Senin (27/3).

Agung juga menjelaskan dalam kasus tersebut, kepolisian telah mengamankan satu tersangka. “Penyidik telah menetapkan tersangka atas nama Dwi Hari selaku Sekertaris Komura,” imbuhnya.

Selain itu, Agung juga menjelaskan penyidik masih melakukan penelusuran terkait asal-usul uang yang didepositokan atas nama Komura tersebut. Bila terindikasi, lanjut Agung, uang tersebut berasal dari tindak pidana maka akan disita.

“Apabila berasal dari hasil tindak pidana, maka tentunya akan dilakukan penyitaan oleh penyidik,” tegasnya.

Agung juga mengatakan, penyidik menemukan banyak transaksi keuangan yang dilakukan oleh tersangka kepada pihak lain. Menurutnya, transaksi tersebut berupa tunai maupun transfer kepada pihak-pihak lain.

“Penyidik masih mendalami peran dari pihak lain yang menerima aliran dana dari tersangka,” paparnya.

Seperti diketahui, Mabes Polri melakukan OTT di Samarinda, Kalimantan Timur pada Jumat (17/3) lalu. Dari tiga lokasi digeledah, polisi menyita uang tunai senilai Rp 6,1 miliar.

Ada sekitar 100 anggota tim gabungan kepolisian dari Bareskrim Polda Kalimantan Timur menggelar OTT di Pelabuhan Samudera dan Terminal Peti Kemas (TPK) di Kecamatan Palaran, Kota Samarinda.