Hina Islam dan Nabi Muhammad, Mahasiswa di Riau Langsung Ditahan Polisi

Instagram milik SSP yang menistakan Islam

Pekanbaru, Sayangi.com – Kasus penistaan agama kembali terulang. Setelah Basuki T Purnama (Ahok), kini penistaan agama dilakukan oleh SSP (25), seorang mahasiswa Fakultas Hukum di Universitas Islam Riau.

Dalam akun Instagram miliknya, pemilik akun bernama adam_cetta itu menistakan agama Islam. Ia menulis beberapa kalimat yang merendahkan Nabi Muhammad SAW dan agama Islam. Ia menulis di antaranya, “Yaa mau gimana lagi yaa, toh si muhammad juga nabi cabul” dan “Sungguh miris, aliran sesat seperti Islam itu diakui di sebuah negara sebesar Indonesia”.

Setelah diketahui telah menista agama, rumah SSP di Pandau, Siak Hulu, Kabupaten Kampar, langsung didatangi warga. Untungnya, SSP langsung diamankan oleh Polsek Hulu.

Kini, SSP sudah ditahan penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Riau.

“Setelah ditetapkan sebagai tersangka, SSP langsung kita tahan untuk proses hukum selanjutnya,” kata Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Riau, Kombes Johny Edizzon Isir kepada wartawan, Senin (27/3).

Johny mengaku bahwa pihaknya sudah meminta keterangan terkait kasus penistaan agama tersebut.

“Kasusnya masih jalan. Saat ini dalam proses pemeriksaan keterangan saksi ahli dari Kominfo,” jelasnya.

Menurutnya, saksi ahli yang dimintai keterangannya bukan hanya dari Kominfo, melainkan juga dari ahli agama. Penyidik juga akan membawa berkas kasus tersangka ke Jakarta untuk kepentingan penyidikan.

“Tim akan ke Jakarta membawa alat bukti untuk pengecekan digital forensik, karena kasusnya berkaitan dengan Undang-undang ITE. Jadi kita proses terus dan tunggu hasilnya,” kata Kombes Johny.