Kapolda Riau Raih Penghargaan Tertinggi Sahabat Pers Award dari SPS

Kapolda Riau Irjen Pol Zulkarnain meraih Penghargaan Tertinggi Sahabat Pers Award dari SPS
Kapolda Riau Irjen Pol Zulkarnain meraih Penghargaan Tertinggi Sahabat Pers Award dari SPS

Pekanbaru, Sayangi.com – Kepala Kepolisian Daerah Riau, Irjen Pol Zulkarnain Adinegara, meraih penghargaan tertinggi kategori Sahabat Pers Award dari Serikat Perusahaan Pers (SPS) Riau, Minggu (26/3/2017) sore. Ia jadi penegak hukum satu-satunya yang mendapat prestasi ini.

Sebagaimana dilaporkan laman GoRiau.com, penghargaan itu diberikan langsung oleh Ketua SPS Riau Zulmansyah dalam rangkaian acara Media Ekspo 2017, di Mal SKA Kota Pekanbaru, yang dihadiri petinggi perusahaan pers, pejabat pemerintahan, bupati dan lain sebagainya.

Kapolda Riau Irjen Zulkarnain meraih Sahabat Pers Award lantaran dinilai paling terbuka kepada media, bahkan oncall 24 jam. “Belum pernah ada Jenderal bintang dua yang handphonenya oncall 24 jam saat dikonfirmasi,” ujar Zulmansyah sambil tersenyum.

Tidak cuma itu saja, tim penilai SPS juga beranggapan bawah Irjen Zulkarnain sangat memahami polemik atau bahasan yang jadi materi pemberitaan di media-media. “Jadi kalau diwawancarai nyambung,” sebut Ketua SPS Riau ini.

Irjen Zulkarnain pun mengapresiasi penghargaan tersebut. Baginya ini bisa memacu diri untuk semakin baik dalam hal melayani, sesuai hakikatnya seorang Polri, yakni sebagai pelayan bagi masyarakat, apalagi terhadap media yang membutuhkan informasi.

“Ini luar biasa, saya sangat mengapresiasi. Selama ini saya senantiasa berikhtiar, penghargaan ini akan jadi bahan renungan secara pribadi untuk semakin lebih baik ke depannya, khususnya kerjasama dan koordinasi dengan media,” terang Kapolda.

Uniknya, Kapolda Riau tidak menyangka bakal meraih award tersebut, karena ia hanya diminta datang untuk menghadiri acara puncak SPS Riau. Bahkan Zulkarnain juga tidak tahu jika yang dia lakukan selama ini ternyata dinilai orang banyak.

Baginya Pers merupakan pilar keempat dari Demokrasi dan sebagai kontrol sosial, termasuk memantau setiap aktivitas kepolisian.

“Pers itu sebagai profesi dan kontrol sosial, kita akan lebih baik jika ada yang mengawasi, termasuk media,” tegas Zulkarnain.