Irjen Pol. Zulkarnain: Perintah Kapolri Harus Bersahabat Dengan Pers

Kapolda Riau Irjen Pol Zulkarnain Adinegara (kedua kanan) saat menerima penghargaan dari SPS Riau, Minggu (26/3) sore/Foto: riauheadline

Jakarta, Sayangi.Com– Kapolda Riau Irjen Pol. Zulkarnain Adinegara menerima “Sahabat Pers Award” dari Serikat Perusahaan Pers (SPS) Riau, yang diserahkan pada Minggu (26/3) sore. Ia dinilai sebagai penegak hukum yang terbuka kepada insan pers, siap dihubungi 24 jam, dan memahami isu aktual yang jadi topik pemberitaan di media massa.

“Hehehe, tadinya saya tidak mau menerima penghargaan ini, tapi mereka khususnya Ketua SPS Bang Zulmansyah dari Riau Post menelpon dan meminta agar mau menerima. Kata mereka, baru kali ini ada Kapolda yang gampang dihubungi dan mau ditanyai kapan saja,” ujar Zulkarnain, Selasa (28/3) pagi, saat Sayangi.Com menyampaikan selamat atas penghargaan yang diterimanya.

Zulkarnain mengemukakan, apa yang ia lakukan adalah memenuhi perintah Kapolri Jenderal Pol. Tito Karnavian bahwa para Kapolda dan jajaran kepolisian harus membangun interaksi yang baik dengan manajemen media dan insan pers. Baik media cetak, elektronik, maupun online.

“Saya mengapresiasi penghargaan ini dan jadi pendorong secara pribadi untuk semakin baik ke depan, khususnya dalam bekerjasama dengan media,” kata Zulkarnain.

Jenderal bintang dua yang pernah menjabat Kapolda Maluku Utara ini menilai pers punya peran strategis sebagai pilar keempat demokrasi, sebagai kontrol sosial, termasuk memantau kinerja kepolisian.