Jokowi Terima Presiden Prancis Francois Hollande di Istana Merdeka

Presiden Prancis Francois Hollande dan Presiden RI Joko Widodo saat veranda talk di Istana Merdeka/Foto: Reuters/Darren Whiteside

Jakarta, Sayangi.Com– Presiden Joko Widodo, Rabu (29/3) hari in,i menerima kunjungan kenegaraan Presiden Prancis Francois Hollande di Istana Merdeka Jakarta.

Presiden Hollande dan rombongan tiba di Istana Merdeka pada pukul 11.00 WIB disambut marching band dari Paspampres yang membawakan lagu Maju Tak Gentar.

Kibaran bendera Merah Putih dan bendera kenegaraan Prancis oleh anak-anak SD yang memakai baju adat dari berbagai daerah Indonesia ikut menyambut kedatangan Presiden Hollande saat memasuki Istana Merdeka.

Saat turun dari mobil, Presiden Hollande langsung disambut Presiden Jokowi di depan tangga samping kanan Istana Merdeka.  Selanjutnya kedua pemimpin negara ini menuju halaman Istana Merdeka untuk mengikuti upacara penyambutan.

Saat upacara penyambutan, kedua lagu kebangsaan kedua negara dikumandangkan secara bergantian dengan dibarengi dentuman meriam sebanyak 21 kali dan dilanjutkan dengan acara pemeriksaan pasukan.

Setelah upacara penyambutan, Presiden Jokowi mengajak Presiden Hollande memasuki Istana Merdeka. Usai mengisi buku tamu, Presiden Hollande bersama Presiden Jokowi menuju beranda belakang Istana Merdeka untuk melakukan pembicaraan empat mata (veranda talk).

Selanjutnya kedua pemimpin menuju ruang tengah Istana Merdeka untuk memimpin pertemuan bilateral yang diikuti sejumlah menteri dari kedua negara.

Saat menerima Presiden Prancis, Jokowi didampingi beberapa menteri Kabinet Kerja, antara lain Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menko Polhukam Wiranto, Menko Maritim Luhut Pandjaitan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.